RANCAH POST – Tampaknya, developer pembuat aplikasi pesan instan “KakaoTalk“, -Kakao- bukanlah tipiel developer yang mudah puas. Hal tersebut terbukti dari tindakan yang ia lakukan. Setelah berhasil merger dengan portal internet terbesar kedua di Korea Selatan, Daum, Kakao mengumumkan bahwa KakaoTalk kini sudah hadir di perangkat Mac.

Pengguna Mac kini bisa lebih leluasa chatting melalui komputer lewat aplikasi KakaoTalk desktop client. Sebelum merambah Mac, KakaoTalk sudah lebih dulu hadir untuk PC dan desktop. Dirilisnya aplikasi desktop client KakaoTalk ini memungkinkan Kakao menambah pengguna baru.

Versi beta KakaoTalk untuk Mac saat ini tersedia dalam Bahasa Korea dan Inggris, termasuk fitur sinkronisasi antara ponsel dan Mac, daftar teman, chat room, emoticon, dan kemampuan untuk mengirim dan menerima file dalam format apapun.

Kakao juga memperkenalkan fitur pencarian obrolan baru (search chat) untuk pengguna PC dalam Bahasa Inggris, Korea dan Jepang. Fitur Search Chat kabarnya juga akan tersedia di aplikasi mobile KakaoTalk pada akhir tahun ini.

“Dengan Search Chat, pengguna KakaoTalk untuk PC dapat dengan cepat mencari setiap percakapan dengan kata kunci dan menemukan semua pesan terkait yang telah dikirim atau diterima dalam chat room, tanpa harus menggulir layar ke bawah untuk melihat percakapan sebelumnya,” papar Kakao.

Menurut informasi yang diberikan melalui keterangan resminya, semua pencarian didasarkan pada data yang tersimpan di komputer sehingga membuat Search Chat menjadi instan dan aman.

Aplikasi desktop KakaoTalk juga memungkinkan pengguna untuk membagi berbagai data yang kompatibel dengan Mac dan PC, termasuk, gambar, video, audio, dokumen dan data yang telah dikompres dari 57 format yang berbeda. Pengguna dapat mengirim dan menerima data di KakaoTalk untuk PC, dan dapat menerima data di KakaoTalk untuk Mac.

Sebelum dapat menggunakan KakaoTalk untuk PC, pengguna harus membuat akun Kakao dan melakukan verifikasi melalui menu More > Kakao Account di versi mobile KakaoTalk. Selanjutnya KakaoTalk akan mengirimkan kode verifikasi ke e-mail yang digunakan untuk melakukan registrasi.

Setelah proses ini berhasil, setiap saat pengguna masuk ke KakaoTalk untuk PC atau Mac, pemberitahuan Logged in to PC version akan terkirim secara otomatis ke aplikasi mobile KakaoTalk.

Share.

Leave A Reply