RANCAH POST – Perusahaan teknologi asal California, Apple memang sangat terkenal dengan iPad dan iPhone nya. Namun jangan lupa, bahwa ia juga sangat dikenal di industri komputer, dengan Mac-nya. OS Macintos dan Intel sebagai Chipsetnya. Setidaknya itulah yang dikatakan kebanyakan orang ketika ditanya mengenai komputer milik Apple.

Namun tampaknya akan ada yang berubah dengan citra Apple tersebut. Yap, Apple kini dikabarkan sedang melakukan uji coba terhadap perangkat Mac miliknya, namun kali ini, ia diperkuat oleh ARM, bukan Intel.

Dilansir Ubergizmo, Senin (26/5/2014), apabila kabar ini benar, maka pengguna nantinya bisa menyaksikan ada komputer Mac yang didukung dengan chipset ARM di masa depan. Rumor mengenai chipset ARM pada Mac ini telah muncul sejak 2011.

Rumor ini juga bergulir pada 2012, yang menyebutkan Apple akan bergerak dari adopsi prosesor Intel ke ARM. Terkini, laporan MacBidouille mengungkap bahwa Apple sedang menguji prototipe baru Mac yang berjalan dengan prosesor quad-core ARM 4-8 64-bit.

Konon, pengembangan prototipe ini membutuhkan waktu yang lama. Prototipe ini salah satu model ialah notebook 13 inci yang mengusung fitur desain keyboard baru serta fitur Magic Trackpad.

Sumber juga mengatakan, Apple bisa saja merilis komputer berbasis ARM sejak beberapa tahun lalu, namun ada hal yang menjadi pertimbangan. Salah satu pertimbangan ialah Apple masih menjaga roadmap bersama Intel.

Setelah roadmap berakhir, Apple bisa leluasa untuk membuat produk komputer berbasiskan chipset ARM.

Namun, jika hal ini ternyata benar, bahwa nanti Apple akan menggunakan ARM sebagai Chipsetnya. Maka itu berarti ada masalaah lain yang harus dihadapi Apple.

Berbeda prosesor, maka kompatibilitas aplikasi akan terpengaruh. Tidak semua aplikasi pada OS X dapat digunakan pada chipset ARM tentunya. Karenanya, Apple harus mendorong para Developer untuk mengembangkan Aplikasi yang kompertible dengan chipset buatan perusahaan asal Cupertino, AS tersebut.

Share.

Leave A Reply