RANCAH POST – Pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah tingkat SD dan SMP di wilayah kecamatan Cikoneng dan Sindangkasih, hari Selasa, 22/04, digelar di aula SMPN1 Cikoneng.

Program monev Disdikbud Kabupaten Ciamis serentak dilaksanakan yang dibagi ke dalam 6 tim pelaksana, sementara itu di kecamatan Cikoneng dan Sindangkasih dilaksanakan oleh Tim 3 yang diketuai oleh H. Use selaku staf pendataan manajemen BOS. Dalam monev tersebut dihadiri oleh 52 sekolah tingkat SD dan 8 SMP.

H. Use mengungkapkan bahwa pengadministrasian dana BOS secara bertahap berjalan semakin sempurna meski masih terdapat kelemahan administrasi, pembayaran pajak.

“Pengadministrasian BOS secara bertahap semakin sempurna di 2 kecamatan ini walaupun masih ada kelemahan dalam kelengkapan administrasi, pembayaran pajak karena ada satu pajak daerah yang belum tersosialisasikan secara umum yaitu pajak hotel dan lestoran (PHL) dimana di dalamnya mamin (makan minum) yang alokasinya dari dana BOS meskipun pembeliannya di warung kecil tetap pajaknya harus dipungut oleh bendahara karena itu untuk menambah PAD Kabupaten Ciamis nantinya.” ungkap H. Use kepada RANCAH POST.

“Dalam penggunaan dana BOS, masyarakat harus koperatif untuk ikut memantau penggunan dana tersebut, pihak sekolahpun mesti selalu terbuka terhadap masyarakat agar tidak ada miskomunikasi dan menekan celah pelanggaran dalam penggunaannya, jika disinyalir ada salah satu sekolah salah dalam menggunakan dana BOS tersebut, masyarakat diminta untuk melaporkannya ke pihak terkait maupun melalui call center yang sudah tersedia.” tambah H. Use.

“Dengan adanya monev seperti ini kami sangat antusias karena menepis semua prasangka buruk terhadap pengadministrasian penggunaan dana BOS dan dalam monev inipun kami bisa bertukar wawasan maupun konsultasi tentang cara pengadministrasian yang sesuai regulasi.” menurut Kepala Sekolah SDN1 Sukaraja Kecamatan Sindangkasih Kholid dan Kepsek yang lainnya saat berkumpul menunggu giliran dipanggil dalam monev tersebut. [Azie]

Share.

Leave A Reply