Connect with us

Dinilai Tidak Menghargai Nyawa Korban MH370, China Boikot Malaysia

Dinilai Tidak Menghargai Nyawa Korban MH370, China Boikot Malaysia

Berita Internasional

Dinilai Tidak Menghargai Nyawa Korban MH370, China Boikot Malaysia

rancahpost.co.id – Kekecewan yang mendalam kini sedang dirasakan rakyat China terhadap pemerintahan Malaysia terkait tidak ditemukannya pesawat Malaysia Airlines MH370. Berbagai bentuk protes, warga China lakukan boikot terhadap Malaysia.

Berbagai cara dilakukan oleh warga China dalam menyuarakan kekecewaan mereka terhadap Malaysia. Salah satu yang paling besar adalah agen tiket perjalanan China yang melarang seluruh penjualan tiket pesawat menuju Malaysia.

Salah satu agen, Elong menegaskan, pihak mereka akan melakukan boikot tersebut hingga Pemerintah Malaysia dan Malaysia Airlines merilis setiap informasi mengenai hilangan MH370. Mereka merasa pantas melakukan boikot tersebut karena 154 dari 239 penumpang di pesawat itu adalah warga China.

Bahkan seorang penyanyi ternama Malaysia keturunan China, turut menjadi korban ancaman dari warga China. Penyanyi yang tengah hamil ini diancam melalui sosial media, bahkan banyak dari warga China mengutuk anak yang dikandungnya.

Seorang pengusaha perempuan asal China, juga melontarkan kekesalannya terhadap Malaysia. “Kerja yang memalukan. Malaysia seharusnya hilang dari bumi,” ujar pengusaha tersebut, Sabtu (29/3/2014).

Pemerintah Malaysia terus dirudung kritikan karena cara mereka menangani proses pencarian. Sebagian besar dari pengamat menilai Malaysia terlalu lamban untuk melakukan pencarian, karena radar militer Malaysia gagal untuk mendeteksi pesawat Boeing 777-200ER itu berputar dari rute perjalanannya.

Rasa frustasi pun turut dilontarkan oleh para selebriti China. Menggunakan situs sosial media, mereka mendukung boikot terhadap Malaysia.

“Malaysia. Kalian salah untuk tidak menghormati nyawa. Kalian salah karena tidak menghormati keingin dunia untuk mendapatkan kebenaran,” tutur aktris film, Zhang Ziyi.

Sementara orang presenter televisi ternama China Meng Fei menulis, “saya tidak pernah pergi ke Malaysia dan tidak berencana untuk ke sana dalam waktu dekat. Kalau kalian merasakan yang sama, tolong retweet pesan ini.” Postingan Meng Fei tercatat di retweet hingga 337 ribu kali.

Meski Malaysia tengah menjadi sorotan dalam upaya pencarian terhadap pesawat Malaysia Airlines. Namun Singapura membela kerja aparat Malaysia dalam melakukan pencarian. Menurut mereka kritikan terhadap Malaysia tidak adil.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Internasional

Advertisement
To Top