RANCAH POST – Baliho “Presiden Kita Bersama Prof. Rhoma Irama” terpampang di Jl Tanjung Barat Raya, Jakarta Selatan. Kenapa bisa demikian? awal mula rhoma irama mendapat gelar kehormatan itu.

“Profesor itu gelar honoris causa, sudah lama itu. Sudah sejak tahun 80-90an,” kata Ketua Tim Sukses Pencapresan Rhoma Irama, Ramdansyah, Senin (24/2/2014) malam.

Berdasarkan Wikipedia, gelar kehormatan profesor dan doctor honoris causa (Dr HC) itu diperoleh Bang Haji pada bulan Februari 2005 silam. Dia memperoleh gelar Dr HC dari American University of Hawaii dalam bidang dangdut.

Namun gelar tersebut dipertanyakan banyak pihak karena universitas ini diketahui tidak mempunyai murid sama sekali di Amerika Serikat sendiri, dan hanya mengeluarkan gelar kepada warga non-AS di luar negeri. Selain itu, universitas ini tidak diakreditasikan oleh pemerintah negara bagian Hawaii.

Di Indonesia sendiri, berdasar data Wikipedia, Rhoma Irama sempat kuliah di Universitas 17 Agustus Jakarta, tetapi tidak menyelesaikannya. Namun Rhoma berbangga karena ia banyak menjadi rujukan penelitian, ada kurang lebih 7 skripsi tentang musiknya. Selain itu, peneliti asing juga kerap menjadikannya sebagai objek penelitian seperti William H Frederick, doktor sosiologi Universitas Ohio yang meneliti tentang kekuatan popularitas serta pengaruh Rhoma Irama pada masyarakat.

Terlepas dari kontroversi yang mencuat, gelar profesor dan doktor tetap dipakai Rhoma Irama hingga kini. Termasuk yang terpampang pada baliho ‘Presiden Kita Bersama’ yang bertebaran di Jakarta.

Share.

Leave A Reply