RANCAH POST – Kelompok penipu memanfaatkan Facebook untuk melancarkan aksinya dengan menawarkan gadget terbaru. Dengan memberikan iming-iming hadiah spesial Natal, penipu bisa menggasak eBay, Amazon, dan webmail milik pengguna Facebook.

Jelang Natal seperti sekarang, penipu melakukan aksinya dengan menawarkan gadget dan game gratis di situs jejaring sosial untuk mendapatkan informasi pribadi pengguna, demikian lapor Telegraph.

Kaspersky Lab menyebutkan, kawanan penipu mencoba untuk menarik perhatian pengguna Facebook dengan halaman penawaran PlayStation 4, iPhone terbaru, juga iPads. Bahkan ada halaman tentang iPhone 6, produk yang belum diluncurkan oleh Apple.

Menurut Kaspersky, meskipun isinya tidak resmi, banyak yang terjebak dan percaya pada modus ini. Firma keamanan itu memperingatkan untuk tidak memberikan tanda ‘like’ pada halaman penawaran palsu ini karena bisa menyebabkan peretasan dan penyebaran malware.

“Penipu menggunakan berbagai teknik agar pengguna memberikan login Facebook mereka. Mengklik tautan email berjudul Facebook Christmas Specials, misalnya, bisa membuka portal Facebook palsu yang pengguna diminta untuk memasukkan rincian login mereka,” jelas Kaspersky.

Kaspersky melanjutkan, setelah dibuka, tampilan yang muncul pun identik dengan platform media sosial yang nyata. Ini membuat pengguna tidak menyadari apa yang terjadi. Setelah korban telah memasukkan rincian, peretas pun mendapatkan password milik si korban.

Kebanyakan orang cenderung menggunakan password yang sama untuk layanan seperti eBay, Amazon, dan webmail, hal ini dapat memicu reaksi berantai yang berbahaya.

Kaspersky menyarankan, pengguna media sosial tidak mengklik tautan yang berasal dari forum tidak dikenal. Bahkan, jika tautan tersebut telah di-posting dari seorang teman, Anda harus tetap waspada. Bisa jadi akun teman Anda itu kemungkinan telah berhasil diretas.

Share.

Leave A Reply