RANCAH POST – Penyangga game generasi terbaru, Ps4 dan Xbox One telah di distribusikan di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat dan Eropa. Dengan beredarnya kedua konsol game baru tersebut, maka persaingan untuk mendapatkan angka penjualan terbanyak sudah dimulai.

Developer game The Witcher 3: Wild Hunt dari CD Projekt Red angkat bicara soal pertempuran dua konsol game baru ini. Menurutnya, Xbox One dan PS4 merupakan konsol game yang sama kuat dalam hal kekuatan. Sabtu (30/11/2013).

Meskipun demikian, Xbox One dianggap sedikit lebih sederhana untuk dipahami berkat fitur dan teknologinya yang menyerupai PC. Developer CD Projekt Red telah membawa The Witcher 2 ke dalam PC, kemudian Xbox 360.

Lead Engine Programmer, Balazs Torok mengungkap bahwa meskipun PS4 memiliki kecepatan dengan memori GDDR5, namun kedua konsol game tetap sama kuat. “PS4 sangat baik memiliki memori yang cepat,” ungkapnya.

Ia mengatakan, semua orang bisa menyukai PS4 dengan RAM GDDR5, namun masalahnya permainan harus memiliki fungsi untuk segala hal. “Kami ingin membuat game dan seluruh mesin bisa berjalan dengan semua fitur dan kemudian mengoptimalkannya,” tutur Balazs.

Ia tidak melihat adanya perbedaan kekuataan utama. Namun, ia memuji bahwa teknologi pada Xbox One memudahkan developer untuk membawa permainan dari PC ke konsol game terbaru.

“Xbox One cukup mudah dipahami karena bukan hanya hardware yang mirip dengan PC, tetapi segala sesuatu seperti SDK, API ini benar-benar mirip dengan apa yang akan Anda temukan di PC. Pada PS4 ini sedikit lebih rumit, tapi saya pribadi bekerja di PS3 sebelumnya,” jelasnya.

Baik PS4 dan Xbox One menggunakan sistem arsitektur menyerupai PC yang memudahkan para pengembang game

Share.

Leave A Reply