Rabu, 28 Oktober 2020
Beranda Hiburan Musik Efek Rumah Kaca Gratiskan Album, Semua Orang Bebas Download

Efek Rumah Kaca Gratiskan Album, Semua Orang Bebas Download

RANCAH POST – Derasnya persaingan industri musik di tanah air membuat Efek Rumah Kaca berani untuk menggratiskan seluruh albumnya.
Band yang dibesarkan oleh Cholil, Akbar, dan Adrian ini mengumumkan telah menggratiskan albumnya per 1 November 2013. Ini artinya, seluruh album yang pernah dirilis oleh Efek Rumah Kaca bisa diunduh secara bebas. Dalam Press rilis-nya, Efek Rumah Kaca mencetuskan “gak ada ada lagi lagu ERK yang gak legal.”

Hingga saat ini, Efek Rumah Kaca telah merilis dua album yaitu KAMAR GELAP dan EFEK RUMAH KACA serta dua proyek musik, seperti album DAUR BAUR di bawah nama Pandai Besi dan ERK RMX. Semua album musik tersebut sebelumnya telah dirilis secara fisik, namun Cholil menganggap format rilisan adalah pemanis, yang terpenting tetap musik itu sendiri.

“Rilisan fisik penting sih, tapi bukan berarti kalau gak ada rilisan fisik, hidup jadi berantakan. Yang utama, yang bikin hidup gak berantakan, ya musiknya itu sendiri. Format rilisan itu pemanisnya.”
Cholil pun mengaku kerugian secara profit tentu ada, namun dirinya sedari dulu memang tidak menjadikan uang sebagai tujuan utamanya.

“Digratiskan secara digital. kerugiannya mungkin gak bisa dijual secara digital/dipromosikan di gerai-gerai digital. Ketika kita menjual musik di gerai musik digital, maka ada dua manfaat, yaitu mendapat uang atas karya dan media promosi. Nah, karena sudah kita gratiskan, uang bukan lagi tujuan utama. Faktor yang kedua itu yang kita bisa kehilangan, media promo. Tapi ya sudahlah,” ungkap Cholil di press rilisnya.

Untuk mengunduh semua karya dari ERK, maka kalian bisa kunjungi situs resmi mereka di http://efekrumahkaca.net/en/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan