RANCAH POST – Bukan rahasia umum kalau Android telah menguasai sebagian besar pasar smartphone. Menurut data analis Morgan Stanley, Katy Huberty, Android berhasil mendominasi pasar tablet dan mengalahkan iPad pada kuartal III/2013.

Sebagaimana dilansir Phone Arena, Senin (18/11/2013), Huberty mengungkapkan bahwa tablet berbasis OS Android menghasilkan pendapatan yang lebih besar daripada iPad, jika dibandingkan data dari International Data Corporation (IDC) dari periode Oktober.

“Untuk pertamakalinya, perangkat Android menyumbang bagian yang lebih besar dalam hal pendapatan dibandingkan iOS,” jelas Huberty.

Ia mengatakan, pendapatan Android mencapai 46,2 persen pada kuartal III/2013, sedangkan iPad hanya 45,6 persen dari total pasar tablet.

Pasar Android tumbuh menjadi 66,7 persen dari 58,5 persen pada tahun lalu. “Sebagian besar didorong oleh Samsung dan Lenovo, sedangkan pangsa pasar iPad turun menjadi 29,7 persen dari 40,2 persen,” sambung Huberty.

Meskipun Android berjaya, pengapalan iPad diprediksi akan meraih keuntungan yang drastis selama msim liburan berkat peluncuran iPad Air dan iPad mini Retina Display. Satu-satunya yang mungkin akan menghentikan Apple dari rebound ialah risiko kendala pasokan.

Share.

Leave A Reply