RANCAH POST – iPhone 5S kembali dilaporkan bermasalah oleh salah seorang penggunanya. Kali ini iPhone 5S tersebut mendadak alami Blue Screen of Death (BSOD). Di mana, permukaan layar berubah menjadi warna biru seperti bisa disaksikan dalam tautan ini.

Wikipedia menjelaskan, BSOD umumnya terjadi karena adanya kesalahan pada sistem. Terdapat beberapa faktor yang memicu munculnya layar biru, seperti driver alat yang tidak bagus, kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok.

Umumnya kesalahan semacam itu ditemukan di sistem operasi Windows yang berjalan di PC jadul. Tetapi, siapa sangka ternyata hal itu juga mengintai sejumlah pengguna iPhone generasi ketujuh yang resmi diluncurkan Apple bulan lalu itu.

Sebagaimana dilansir The Verge, Sabtu (12/10/2013) berdasarkan laporan pengguna setelah handset mereka alami BSOD, iPhone 5S langsung reboot acak secara otomatis.

“Wow…untuk yang kedua kalinya layar iPhone 5S saya berubah menjadi biru dalam sepekan ini. Haruskah saya khawatir? #Apple,” kicau salah seorang pengguna bernama Brian Walters (@Scott_Knows) yang mengeluhkan keanehan iPhone 5S miliknya di Twitter pada 7 Oktober lalu.

Kuat dugaan BSOD pada smartphone besutan raksasa Cupertino itu disebabkan oleh aplikasi iWork yang dihadirkan gratis pada iOS baru. Selain itu, diduga juga banyaknya aplikasi yang dijalankan dalam satu waktu (multitasking) juga turut memicu BSOD.

Apple belum lama ini meluncurkan iOS 7.0.2 untuk perangkat mobile keluarannya. Di mana, pembaruan OS itu diklaim memiliki keamanan yang lebih baik terutama untuk tampilan lock-screen. Namun, versi baru tersebut rupanya belum mampu mengatasi masalah reboot.

Salah satu solusi untuk mengatasi reboot akibat aplikasi iWork, pengguna bisa coba untuk menonaktifkan sinkronisasi iCloud untuk Apple Pages, Keynote, dan aplikasi Numbers.

Share.

Leave A Reply