RANCAH POST – Jelang Idul Adha Kabupaten Garut, Jawa Barat, membutuhkan sebanyak 3500 sapi potong dari luar daerah Garut untuk memenuhi kebutuhan warga menunaikan ibadah kurban.

“Untuk tahun ini berdasarkan tahun sebelumnya diperkirakan kebutuhan sapi kurban sebanyak 3.500 ekor sapi,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Garut, Iman Budiman kepada wartawan, Selasa (1/10).

Ia menuturkan, berdasarkan perhitungan Idul Adha tahun sebelumnya kebutuhan sapi kurban untuk Garut mencapai 5.225 ekor. Dari jumlah tersebut, 70 persen didatangkan dari luar daerah dan sisanya berasal dari Garut.

Ia menjelaskan, Garut sementara baru mampu memenuhi kebutuhan sapi sebanyak 1500 sampai 2000 ekor sehingga untuk memenuhi kebutuhan kurban didatangkan dari luar daerah seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jenis hewan lainnya seperti kerbau, kata Iman, disiapkan kebutuhannya sebanyak 250 ekor, turun dari jumlah tahun sebelumnya sebanyak 287 ekor kerbau.

Kebutuhan kerbau tersebut, kata dia, Garut baru mampu menyediakan sebanyak 100 ekor, sisanya 150 ekor didatangkan dari luar daerah. “Kebutuhan kerbau juga masih kurang, tapi untuk domba sudah terpenuhi, bahkan domba dari Garut mampu memasok untuk luar daerah,” katanya.

Share.

Leave A Reply