Inilah Kiatnya Agar Mata Tetap Sehat Saat Menggunakan Komputer

Komputer Mata Sehat
Komputer Mata Sehat

RANCAH POST – Di zaman ini penggunaan komputer bisa ditemui hampir di semua tempat. Mulai dari rumah, kantor, toko swalayan, tempat parkir, ATM, bahkan ponsel pintar pun yang kita gunakan sebenarnya adalah merupakan komputer dalam bentuk mini.

Penggunaan komputer memang membantu memudahkan hidup kita, sayangnya peningkatan pemakaian yang dramatis ini juga membuat mata kita mudah merasa lelah dan tak merasa nyaman saat memakai komputer.

Yang menarik, penelitian menunjukkan kalau monitor komputer hanya mengeluarkan sedikit sekali sinar radiasi atau bahkan tidak sama sekali.

Sehingga kelelalhan yang dirasakan pengguna komputer tidak disebabkan mata yang terlalu lelah menatap layar komputer tapi karena lingkungan disekitarnya. Penyebabnya adalah buruknya pencahayaan, tidak tepatnya posisi perangkat serta furnitur yang digunakan.

Saat mata merasa begitu lelah akan timbul Computer Vision Syndrome atau CVS. Sindroma ini bisa membuat mata terasa gatal, terbakar, pandangan mengabur, pandangan mendua serta kepala pusing.

Semua gejala itu pada akhirnya bisa membuat kita mudah marah dan frustasi sehingga membuat kita tak dapat bekerja dengan baik karena gangguan tersebut. Agar Anda bisa bekerja dengan baik tanpa mengalami CVS coba ikuti beberapa langkah sebagai berikut.

1. Tempatkan monitor pada jarak 20 hingga 30 inci atau sekitar panjang tangan Anda dari mata.

2. Tempatkanlah monitor sehingga bagian atasnya sedikit berada dibawah tinggi mata Anda.

3. Taruhlah monitor mengarah ke atas dengan sudut 10 hingga 20 derajat sehingga pandangan ke arah monitor semakin jelas.

4. Gantilah penerangan ruangan sehingga tak terlalu silau dan menimbulkan banyak pantulan. Anda bisa memakai filter anti silau di atas layar monitor.

Untuk mengujinya adalah dengan mematikan monitor dan melihat apa yang dipantulkan di layarnya. Aturlah sudut atau posisi monitor sehingga tak mendapatkan sinar langsung atau pantulannya.

5. Perhatikan dinding atau struktur dibelakang monitor. Pastikan dinding atau struktur itu tak terlalu ramai atau bersinar terlalu terang karena akan mengganggu Anda serta membuat Anda merasa lelah saat mencoba memfokuskan diri pada layar monitor.

6. Aturlah tingkat keterangan monitor sehingga didapatkan kontras yang baik antara tulisan dan latar belakang dan huruf. Gantilah monitor apabila Anda menemukan gejala flicker (kedipan-kedipan).

7. Jagalah agar monitor bersih dari debu dan kotoran.

8. Gunakan monitor liquid cristal display (LCD) ketimbang monitor CRT (cathode ray tube) karena LCD lebih nyaman digunakan dan biasanya sudah memiliki permukaan anti pantul.

9. Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam memasukkan data atau membaca dokumen yang banyak, cobalah menggunakan monitor lebih besar sehingga mata Anda tak cepat lelah.

Jika tak bisa, Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan ukuran font yang lebih besar.

10. Gunakan kursi yang bisa diatur ketinggiannya agar mata Anda lebih nyaman melihat monitor.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama