Fitur Surat Wasiat Di Google

google zip
google zip

RANCAH POST – Google baru-baru ini telah memperkenalkan sebuah fitur baru dalam layanannya yang mirip surat wasiat.

Inactive Account Manager, demikian nama fitur yang dengannya para pemilik akun Gmail, YouTube, Blogger, Drive, Google+, dan Picasa bisa menentukan apa yang harus Google lakukan dengan layanan-layanan itu setelah pemiliknya meninggal.

Dalam fitur yang diluncurkan Kamis (11/4) itu Google memberikan kesempatan pada para pemilik akun untuk menentukan apakah isi akun-akun mereka itu akan dihapus secara permanen oleh Google atau diwariskan kepada sahabat atau keluarga yang mendapat kepercayaan.

Cara kerjanya Google akan memberikan Anda kesempatan untuk menentukan apa yang disebutnya “timeout period”. Jangka waktunya beragam mulai dari tiga, enam, sembilan, dan 12 bulan. Masa waktu itu akan dihitung sejak terakhir kali Anda mengakses akun tersebut.

Untuk menghindari kesalahpahaman, Google juga menyediakan sistem peringatan. Artinya sebelum masa timeout itu habis, Google akan mengirim pesan singkat ke nomor telepon Anda atau email ke alamat email alternatif selain Gmail yang isinya memberitahukan bahwa akun Anda akan ditutup.

“Fitur baru ini memberi Anda kesempatan untuk merencanakan kehidupan digital setelah kehidupan berakhir, yang akan melindungi privasi dan keamanan Anda,” tulis Andreas Tuerk dari Google.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama