Home / News / Berita Nasional / Pemkot Tasikmalaya Masih Kekurangan Guru & Tenaga Medis
Pemkot Tasikmalaya Masih Kekurangan Guru & Tenaga Medis

Pemkot Tasikmalaya Masih Kekurangan Guru & Tenaga Medis

RancahPost.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya masih kekurangan pegawai, khususnya Guru dan tenaga Medis, kata Sekda Pemkot Tasikmalaya H. Idi SH. Namun, sayang Pemkot Tasikmalaya pada tahun 2013 belum dapat dipastikan akan melakukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tersebut.

Walaupun masa berlakunya moratorium penerimaan pegawai oleh pemerintah pusat telah habis, namun penerimaan PNS di Kota Tasikmalaya belum tentu bisa langsung dilakukan. “Jika dilaksanakan, penerimaan CPNS nantinya akan menjadi beban anggaran Pemerintah Daerah (APBD), sedangkan anggaran Pemkot masih sangat terbatas,” kata Idi.

Jika dilihat dari APBD, beban anggaran belanja aparatur daerah tahun ini masih di atas 50 persen, jadi untuk melakukan penerimaan pegawai belum memadai. Terkecuali penerimaan PNS bisa dilaksanakan untuk daerah-daerah yang beban anggaran belanja aparatur daerahnya berada dibawah angka 50 persen.

Pemkot Tasikmalaya telah mengirimkan hasil pendataan jumlah pegawai di Kota Tasikmalaya, termasuk menyampaian peta struktur organisasi di lingkungan Pemkot sesuai yang diharuskan pemerintah pusat.

“Tujuan penyampaian data pegawai ini untuk pertimbangan pelaksanaan penerimaan PNS yang akan datang, termasuk juga sebagai bahan evaluasi dan analisis jabatan di berbagai kabupaten dan kota guna acuan pemerintah pusat dalam menentukan kebutuhan pegawai,” jelas Idi.