Aplikasi voice over memungkinkan penggunanya untuk merekam suara dan membuat audio berkualitas tinggi dengan mudah dan cepat.

Untuk kamu yang belum tahu, voice over merupakan aplikasi yang menggunakan teknologi pengenalan suara untuk mempermudah interaksi pengguna dengan perangkat elektronik.

Biasanya voice over ini dibuat oleh seseorang yang sudah berpengalaman, biasanya mereka akan menerima gaji mulai dari Rp100.000 per menit hingga Rp 1.000.000 menitnya. Hal ini disesuaikan dengan pengalaman dan kemampuan orang tersebut.

Platform yang satu ini juga sangat berguna bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau kesulitan dalam membaca teks di layar. Berikut, kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi voice over terbaik yang bisa kamu gunakan. Berikut diantaranya.

Rekomendasi Aplikasi Voice Over Terbaik

Google Assistant

Google Assistant
Google Assistant. (IST)

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dikembangkan oleh Google dan dibuat untuk mempermudah penggunanya untuk merekam suara dalam berbagai aktivitas.

Seperti menyelesaikan tugas sehari-hari, baik itu mencari informasi, mengirim pesan, dan menjalankan aplikasi.

Dengan menggunakan teknologi pengenalan suara ini, kamu bisa berbicara dengan Google Assistant dan meminta bantuan tanpa harus mengetikn perintahnya terlebih dahulu. Layanan ini biasanya sudah tersedia secara default di beberapa jenis smartphone Android.

Tapi, jika di smartphone yang kamu gunakan tidak ada, kamu bisa coba dengan mengunduhnya di Google Play Store.

TalkBack – Aplikasi Voice Over

TalkBack - Apk Voice Over
TalkBack – Apk Voice Over. (IST)

Selanjutnya ada aplikasi voice over TalkBack. TalkBack merupakan salah satu platform voice over bawaan Android yang bisa membantu pengguna dengan kebutuhan khusus dalam menggunakan perangkat Android.

Aplikasi yang satu ini memungkinkan pengguna untuk menavigasi layar, membaca teks, dan menjalankan aplikasi menggunakan suara.

Menariknya, TalkBack ini bisa diaktifkan melalui menu Pengaturan Android dengan mudah dan cepat tanpa harus ada panduan khusus.

Android Accessibility Suite memerlukan Android 6 (Android M) atau yang lebih baru. Agar dapat menggunakan TalkBack untuk Wear, kamu memerlukan Wear OS 3.0 atau yang lebih baru.

BACA JUGA: Aplikasi Suara Burung

Siri

Siri
Siri. (IST)

Berikutnya ada aplikasi Siri. Aplikasi ini merupakan asisten virtual besutan Apple yang bisa membantu kamu untuk menyelesaikan tugas sehari-hari, mulai dari mengirim pesan, mencari berita, hingga memerintah penggunaan aplikasi.

Dengan adanya teknologi pengenalan suara di apk Siri, kamu bisa berbicara dan meminta bantuan tanpa harus mengetik.

Antarmuka aplikasi ini juga sangat sederhana, sehingga bisa kamu gunakan dengan mudah. Terlebih Siri ini bisa kamu install secara bebas dan gratis di App Store.

Voice Dream Reader – Aplikasi Voice Over

Voice Dream Reader - Apk Voice Over
Voice Dream Reader – Apk Voice Over. (IST)

Aplikasi voice over berikutnya yang bisa kamu gunakan ada Voice Dream Reader. Voice Dream Reader memugnkinkan penggunanya untuk mendengarkan PDF, halaman Web, dan buku menggunakan text-to-speech.

Platform yang diunggulkan oleh Apple sebagai aplikasi baru terbaik di 81 negara ini diklaim sebagai salah satu temuan pendidikan terbaik karena akan sangat membantu setiap penggunanya.

Menariknya, kamu bisa menemukan banyak fitur unggulan terbaik yang bisa kamu gunakan di aplikasi ini, mulai dari 36 suara bawaan iOS dalam 27 bahasa, 200+ suara premium tambahan dalam 30 bahasa dari Acapella, NeoSpeech, dan Ivona, Semua suara berfungsi offline dan diputar di latar belakang bahkan, dan masih banyak lagi.

Adapun beberapa format dokumen yang didukung oleh aplikasi ini mulai dari PDF, Teks biasa, MS Word, MS PowerPoint, RTF, dan Google Docs, artikel web, buku, eBuku EPUB, buku audio, dan masih banyak lagi.

Voice Aloud Reader

Voice Aloud Reader
Voice Aloud Reader. (IST)

Kemudian ada aplikasi Voice Aloud Reader. Aplikasi ini dibuat khusus untuk membacakan halaman web, artikel berita, email panjang, TXT, PDF, DOC, DOCX, RTF, dokumen OpenOffice, EPUB, MOBI, PRC, AZW, dan eBuku FB2.

Di dalamnya, kamu bisa menemukan banyak fitur unggulan, mulai dari OCR, pembacaan halaman web dari berbagai format file, ekspor dan impor obrolan WA, peningkatan ucapan, mendukung teks virtual China, dan lainnya.

Tenang saja, platform ini sudah kompatibel di semua jenis smartphone Android, dan bisa kamu unduh di Google Play Store secara gratis.

TalkType

TalkType
TalkType. (IST)

TalkType merupakan salah satu aplikasi keyboard voice over untuk Android yang bisa membantu kamu dalam proses mengetik, baik itu pesan, email, atau dokumen dengan menggunakan suara.

Platform yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur pemotong suara untuk membantu kamu memotong kata-kata dan frasa yang salah dalam teks. TalkType ini bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store.

Bahkan, kamu juga bisa mengedit dan memformat kata-kata kamu hanya dengan menggunakan suara dan mengekspor dokumen kamu yang telah selesai ke aplikasi pihak ketiga manapun yang kamu sukai, seperti Pages.

SpeechTexter

SpeechTexter
SpeechTexter. (IST)

SpeechTexter merupakan platform ucapan ke teks yang dirancang untuk membantu pengguna mengonversi kata yang diucapkan menjadi teks dengan cepat dan mudah.

Alat yang satu ini sangat berguna untuk individu yang selalu bepergian, seperti jurnalis, pelajar, dan pebisnis, yang perlu membuat catatan dengan cepat dan efisien.

SpeechTexter sendiri platform ini memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif. Adapun beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini seperti pembuatan catatan teks dengan suara, penggantian kata khusus, lebih dari 70 bahasa didukung, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Aplikasi Penjernih Suara Video di Android

Itulah beberapa aplikasi voice over terbaik di Indonesia yang bisa kamu gunakan.

Share.

Leave A Reply