Hadirnya aplikasi manajemen proyek akan membantu penggunanya untuk mengatasi kerumitan dan membantu penggunanya saat kewalahan mengelola proyek yang dimilikinya.

Pelaksanaan manajemen proyek memang kerap kali membuat pekerjaan menjadi lebih berat, apalagi jika sewaktu-waktu terdapat perubahan di tengah-tengah jalannya proyek tersebut.

Jika hal tersebut tidak dikelola dengan baik, semua agenda yang sudah terencana akan berantakan, dan hal tersebut akan membuat pengelola pusing.

Untuk mengurangi kerumitan yang terjadi dan bisa mengkoordinasikan anggota mengenai semua perubahan yang terjadi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi manajemen proyek.

Aplikasi ini hadir seiring majunya teknologi dan membuat semua hal bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, hadirnya aplikasi ini juga memberikan kemudahan pada penggunanya untuk mengelola dan memonitor jalannya suatu proyek melalui layar HP saja, dengan begitu kamu bisa melakukannya kapan saja, dan dimanapun.

Nah, berikut ada beberapa aplikasi manajemen proyek yang bisa kamu coba untuk mengelola dan memonitor jalannya proyek dengan lebih mudah.

Rekomendasi Aplikasi Manajemen Proyek Gratis

Trello

Trello
Trello. (IST)

Pada jajaran pertama kamu bisa menggunakan aplikasi Trello. Aplikasi ini merupakan salah satu layanan kolaborasi yang fleksibel dan bisa kamu gunakan untuk mengontrol pengerjaan suatu proyek bersama tim dalam satu ruang digital.

Hal tersebut tentunya menjadi kesenangan tersendiri bagi setiap anggotanya, karena mereka bisa mengetahui progres terbaru pada setiap proyek, dan mempermudah jobdesk setiap anggotanya.

Menariknya, aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan utama, yaitu Boards untuk menampilkan keseluruhan proyek, Cards untuk menuliskan daftar tugas, List sebagai workflow, dan Menu sebagai tampilan utama untuk memilih opsi.

Aplikasi ini bisa kamu unduh di Play Store atau kamu bisa mengunjungi situr resminya di https://trello.com/.

Monday – Aplikasi Manajemen Proyek

Monday - Apk Manajemen Proyek
Monday – Apk Manajemen Proyek. (IST)

Aplikasi manajemen proyek gratis selanjutnya yang bisa kamu gunakan ada Monday. Aplikasi ini memiliki produktivitas dan manajemen kerja yang dirancang khusus untuk membantu tim kerja kamu dalam mengelola proyek yang sedang dikerjakan.

Secara umum, aplikasi ini lebih terlihat seperti ruang kerja visual tempat tim menyelesaikan pekerjaan dan berdiskusi untuk menyelesaikan masing-masing job desk yang dimilikinya.

Menariknya, proses manajemen yang dilakukan pada aplikasi ini bisa dilakukan dengan lebih mudah, karena aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengatur, mengelola, dan tugas dengan lebih baik karena antarmuka aplikasi ini sangat intuitif.

Kamu juga menyinkronkan aplikasi Monday dengan alat favorit kamu dan berkolaborasi dengan tim untuk mengerjakan semua tugas agar lebih mudah dan terorganisir.

BACA JUGA: Aplikasi Edit Video Cinematic

Teamwork

Teamwork
Teamwork. (IST)

Teamwork adalah salah satu platform manajemen proyek terkemuka di dunia yang sudah dirancang khusus untuk organisasi dan bisa digunakan untuk merencanakan, mengelola, melaca, dan memberikan proyek kompleks dengan lebih mudah.

Aplikasi ini juga diklaim sudah dipercaya oleh lebih dari 20.000 bisnis dan 6.000 agensi di seluruh dunia. Tak heran, jika aplikasi ini terpilih sebagai patrom pemimpin 2020 dan 2021 di Ruang Manajemen Proyek oleh Capterra dan G2.

Selain itu, Teamwork juga menawarkan berbagai fitur unggulan yang bisa kamu gunakan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja dalam proyek, mengelola tugas, melacak sumber daya, mencatat waktu, dan mengirimkan proyek secara tepat waktu.

Notion – Aplikasi Manajemen Proyek

Notion - Apk Manajemen Proyek
Notion – Apk Manajemen Proyek. (IST)

Berikutnya kamu bisa menggunakan aplikasi Notion. Aplikasi yang satu ini merupakan all-in-one workspace yang dibuat khusus untuk membantu penggunanya mengelola berbagai pekerjaan dari satu tampilan saja.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa menulis berbagai jenis catatan, mengatur keberlangsungan proyek, dan menyusun to-do list dengan menggunakan workflow sendiri.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini juga tergolong lengkap dan memudahkan setiap penggunanya agar bisa bekerja semaksimal mungkin dalam mengelola proyek yang dimilikinya.

Todoist

Todoist
Todoist. (IST)

Terakhir, ada aplikasi Todoist. Aplikasi ini adalah aplikasi perencana tugas yang memiliki tampilan sederhana tapi tetap recomended untuk digunakan.

Pada aplikasi ini, kau bisa menemukan berbagai hal menarik, mulai dari meraih kejernihan, mencatat, dan menjadwalkan tugas dengan mudah, berkolaborasi dalam proyek, dan lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga kompatibel dengan perangkat apapun, baik itu smartphone Android, iOS, maupun PC.

BACA JUGA:  Aplikasi Perencanaan Keuangan

Itulah beberapa aplikasi manajemen proyek gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengelola proyek agar bisa terkoordinasi dengan baik dengan tim.

Share.

Leave A Reply