Saat ini trend membuat konten memang tengah hangat-hangatnya, dimana hal tersebut biasanya digunakan untuk membuat konten video tutorial oleh kreator. Di toko aplikasi sendiri sudah banyak hadir aplikasi membuat video tutorial yang gratis digunakan.

Seperti kita ketahui, video tutorial merupakan sebuah konten yang berisikan informasi dari suatu hal yang mungkin saja kamu butuhkan, baik itu tutorial memakai, make up, membuat kerajinan, membuat tata cara menyelesaikan kendala pada HP dan lainnya.

Jangan salah, video tutorial ini juga diklaim menawarkan banyak keuntungan karena jika kamu mempublikasikannya di YouTube atau layanan media lainnya dan mendapatkan banyak viewers, kamu berkesempatan untuk mendapatkan uang.

Menariknya, saat ini sudah banyak aplikasi membuat video tutorial yang bisa kamu unduh secara gratis dan kompatibel di semua jenis smartphone Android, iOS, hingga PC. Sehingga, kamu bisa lebih menghemat uang tanpa harus membeli platform untuk membuat video tutorial yang kamu inginkan.

Sebelum kamu memilih dan menggunakan aplikasi tersebut, kamu harus mengetahui fungsi, kelebihan, dan kekurangan dari setiap aplikasi.

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas beberapa aplikasi gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat video tutorial. Penasaran ada apk apa saja? Yuk, simak pembahasan artikel di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Tutorial

CamStudio

CamStudio
CamStudio. (IST)

Pada jajaran pertama, kamu bisa menggunakan CamStudio. Aplikasi yang satu ini cukup menarik untuk kamu gunakan. Dimana di dalamnya kamu bisa membuat video-video konten tutorial dengan mudah karena apk ini sudah dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap.

Untuk kamu yang belum tahu, CamStudio merupakan salah satu program screencasting sumber terbuka yang dibuat untuk perangkat PC dengan sistem operasi Windows.

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk membuat video dalam format AVI dan bisa mengubahnya ke format lainnya seperti format flash video.

Untuk mengunduh aplikasi ini di perangkat laptop atau PC yang kamu gunakan, kamu bisa mengunduhnya di laman https://camstudio.org/.

Free Screen Video Recorder – Aplikasi Membuat Video Tutorial

Free Screen Video Recorder - Apk Membuat Video Tutorial
Free Screen Video Recorder – Apk Membuat Video Tutorial. (IST)

Free screen video merupakan salah satu aplikasi rekam video yang memungkinkan penggunanya untuk mereka apapun yang dilakukan kamu pada perangkat yang kamu gunakan dengan mudah, cepat, dan nyaman.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menangkap video dan gambar dari semua elemen yang muncul pada layar HP kamu. Tak heran jika aplikasi ini sering digunakan untuk membuat video tutorial oleh para kreator.

Menariknya, aplikasi ini bisa merekam dalam BMP, JPEG, GIF, TGA atau PNG, dan kamu bisa mengaturnya saat akan mulai merekam.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki satu bilah menu tempat untuk mengatur semua aplikasi yang berbeda, seperti layar cetak, rekam video dari desktop, rekam video dari Windows, cetak jendela cetak, dan rekam video dari area yang kamu inginkan.

BACA JUGA: Aplikasi Edit Reels Instagram

Ezvid

Ezvid
Ezvid. (IST)

Kemudian ada Ezvid. Aplikasi yang satu ini juga tak kalah menarik untuk digunakan, dimana kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video secara detail dan bisa kamu akses secara gratis.

Aplikasi ini juga sudah kompatibel dengan berbagai jenis sistem operasi PC, mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga bisa merekam layar sekaligus mengeditnya secara langsung, tenang saja hasil editing yang dihasilkan oleh aplikasi ini juga cukup menarik layaknya profesional.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki banyak keunggulan, seperti kontrol kecepatan video, menggabungkan video, menduplikat file movie dengan mudah, membagi video menjadi dua, dan masih banyak lagi.

Tenang saja, aplikasi ini memiliki interface yang sederhana sehingga cocok digunakan oleh pemula.

Hypercam – Aplikasi Membuat Video Tutorial

Hypercam - Apk Membuat Video Tutorial
Hypercam – Apk Membuat Video Tutorial. (IST)

Aplikasi untuk membuat video tutorial gratis berikutnya yang bisa kamu gunakan ada Hypercam. Aplikasi yang memiliki kemampuan untuk merekam aktivitas desktop dan menyimpannya dalam bentuk file berformat AVI ini bisa kamu unduh dan install secara gratis di berbagai jenis perangkat PC atau laptop yang kamu gunakan.

Suara microphone dari komputer yang ingin kamu rekam pun akan lebih jelas, karena terdapat alat perekaman yang canggih di dalamnya.

Selain itu, kamu juga bisa memilih kualitas kompresi video dan frame rate yang sesuai dengan keinginan. Untuk mendapatkan apk ini kamu bisa mengunduhnya di http://hyperionics.com.

Bandicam

Bandicam
Bandicam. (IST)

Pada rekomendasi terakhir, kamu bisa coba menggunakan aplikasi Bandicam untuk membuat video tutorial. Aplikasi yang memiliki antarmuka sederhana ini dilengkapi dengan segudang fitur menarik di dalamnya yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa merekam Minecraft, YouTube, Excel, PowerPoint, Webcam, Video Chatting, Streaming video, MapleStory iTunes, dan lainnya.

Kemampuan aplikasi ini juga tak bisa diragukan lagi dan lebih baik jika dibandingkan dengan alat lainnya yang bisa mereka screencast video desktop untuk dijadikan video tutorial atau presentasi.

BACA JUGA:  Aplikasi Edit Foto Karikatur

Itulah beberapa aplikasi untuk membuat video tutorial di PC yang cocok untuk pemula.

Share.

Leave A Reply