RANCAH POST – Oppo A78 5G resmi diluncurkan secara global di India. Ponsel ini sebetulnya telah lebih dulu diumumkan di Malaysia, namun pihak Oppo masih belum mengungkapkan harganya.

Wujud Oppo A78 5G tampak begitu mirip dengan Oppo A58 5G yang dirilis November tahun lalu. Hal ini dikarenakan, A78 5G memiliki dua cincin kamera di belakang dengan aksen panjang berkilau.

Berbicara soal kamera, ponsel ini dibekali dua kamera belakang yang mencakup kamera utama beresolusi 50 MP dan depth sensor 8 MP. Konfigurasi kamera yang dimilikinya itu dapat digunakan untuk merekam video hingga resolusi FHD pada 30 fps.

Beralih ke bagian depan, A78 5G mengusung desain layar notch waterdrop yang menggunakan panel IPS LCD berbentang 6.56 inci dan dibekali fitur refresh rate 90 Hz. Namun sayang, resolusi layarnya hanya mentok di 720 x 1.612 piksel alias masih HD+.

Sementara itu, dalam poni yang terpatri di bagian tengah atas layarnya diletakan sensor kamera berkekuatan 8 MP untuk menunjang aktivitas selfie dan video call pengguna.

Dapur pacunya dipercayakan pada SoC ‘jadul’ buatan MediaTek, yakni Dimensity 700 yang berpadu dengan RAM LPDDR4x 8 GB dan media penyimpanan UFS 2.2 berkapasitas 128 GB.

Kapasitas RAM perangkat ini bisa ditambah secara virtual dengan fitur Memory Expansion 8 GB. Artinya, pengguna HP Oppo A78 5G dapat menikmati RAM total 16 GB. Tak cuma RAM, Oppo turut menyediakan slot kartu microSD yang mendukung ekspansi hingga 512 GB.

Ponsel yang sudah menjalankan sistem operasi ColorOS 13 berbasiskan Android 13 itu mengemas baterai 5.000 mAh yang dilengkapi fitur fast charging 33W.

Selain itu, A78 5G juga hadir dengan sensor pemindai sidik jari di samping yang dipasang merangkap dengan tombol power serta Face Unlock yang dapat memudahkan pengguna dalam membuka kunci layar.

Beberapa fitur lain yang dibawanya termasuk slot SIM ganda (nano), jaringan 5G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.3, GPS, NFC, jack audio 3.5 mm dan port USB-C.

Tersedia dalam varian warna Glowing Black dan Glowing Blue, harga HP Oppo A78 5G adalah 18.999 rupee atau sekitar Rp 3.6 jutaan.

BACA JUGAGambar Ini Pamerkan Wujud Oppo Reno 8T 4G dari Segala Sisi

Kemungkinan besar perangkat ini juga bakal segera masuk ke Indonesia, karena di situs TKDN sudah terdaftar perangkat dengan nomor model CPH2483. Ini merupakan nomor model Oppo A78 untuk pasar Malaysia.

Share.

Leave A Reply