Cara cek typo di Google Docs bisa dilakukan melalui HP dan PC. Kamu wajib mengetahui cara ini agar bisa mendeteksi typo dan membenarkannya.

Typo saat mengetik sebuah artikel, makalah, atau tugas-tugas lainnya adalah hal yang sering terjadi dan dialami oleh kebanyakan orang.

Meski hanya typo satu huruf saja, namun kalimat atau teks yang kalian ketik bisa berbeda arti atau tulisan kamu jadi sulit untuk dibaca.

Sehingga mengecek typo adalah hal yang sangat penting. Untuk menghindari typo, biasanya seseorang akan membaca seluruh file yang mereka ketik dengan lebih teliti.

Namun meski sudah teliti, tak jarang masih ada typo yang belum kita perbaiki. Agar hal itu tak terjadi lagi, maka kalian memerlukan bantuan alat pengecek typo.

Jadi, kalian tak perlu membaca tulisan dari awal sampai akhir yang pastinya dapat menyita banyak waktu.

Cukup gunakan pengecek typo, maka alat tersebut akan langsung mendeteksi teks yang penulisannya salah.

Setelah itu, kamu pun bisa langsung membenarkannya. Sangat praktis dan hemat waktu ketika kamu menggunakan pendeteksi typo.

Nah, jika kamu ingin mencoba mengecek typo di Google Docs, baik saat menggunakan HP dan PC, silakan simak tutorial di bawah ini.

Kami telah menyiapkan tutorialnya secara lengkap untuk kalian yang pastinya mudah dan cepat. Penasaran ‘kan?

Cara Cek Typo di Google Docs

Kamu bisa memilih mau mengecek typo menggunakan HP dan PC. Jika menggunakan HP, maka kamu harus menginstall aplikasi Google Dokumen, sementara jika menggunakan PC atau laptop kamu tak perlu menginstall aplikasi.

Di HP

Cara pertama untuk cek typo di Google Docs adalah melalui HP Android. Seperti yang dijelaskan tadi, kalian harus menginstall aplikasi Google Dokumen terlebih dahulu.

Meski harus menginstall aplikasi tambahan, ukuran aplikasinya tidak terlalu berat hanya 30 MB saja saat pertama kali di-download. Aplikasi Google Dokumen bisa di-download melalui Google Play Store secara gratis.

  • Pertama-tama, silakan download aplikasi Google Dokumen.

Google Dokumen

  • Selanjutnya, buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Kemudian, buka dokumen milikmu yang akan dicek apakah ada typo atau tidak > klik icon pensil untuk mengedit dokumen tersebut.

Edit Dokumen

  • Klik icon titik tiga di pojok kanan atas layar > klik Periksa ejaan.

Periksa Ejaan

  • Google Docs pun akan langsung mendeteksi tulisan yang typo, kamu bisa langsung mengubahnya saat itu juga dengan mengklik tombol Ubah.

Cek Typo

  • Klik icon centang di pojok kanan atas layar untuk menyimpan perubahan. Selesai!

Simpan Dokumen

Di PC atau laptop

Jika kamu enggan menginstall aplikasi Google Docs, maka kamu bisa cek typo di laptop atau PC. Dengan cara ini, kamua hanya harus mengunjungi situs https://docs.google.com/.

Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Silakan buka file yang kamu inginkan, atau klik Kosong untuk mulai dokumen baru.

Cara Cek Typo

  • Jika ada tulisan typo, terdapat garis bawah berwarna merah pada tulisan tersebut.

Typo

  • Untuk menggantinya, silakan klik tulisan yang typo lalu ganti dengan yang benar
  • Jika cara tersebut terlalu lama, kamu bisa mengeceknya dengan mengklik Alat > Ejaan dan tata bahasa > Pemeriskaan ejaan dan tata bahasa.

Cara Cek Typo di Google Docs PC

  • Atau untuk lebih cepatnya tekan Ctrl + Alt + X pada keyboard.
  • Jika ada tulisan yang typo, maka akan langsung muncul dilayar. Klik Terima, tulisan yang typo akan langsung diubah ke yang benar.

Google Docs

  • Selesai!

BACA JUGA: Cara Cek Pinjol Terdaftar OJK Untuk Menghindari Pinjol Ilegal

Itulah cara cek typo di Google Docs melalui HP dan PC yang sangat mudah dipraktikkan tapi sangat bermanfaat juga. So, kamu bisa mengandalkan Google Docs untuk mendeteksi typo di dokumenmu.

Share.

Leave A Reply