Kesulitan saat merotasikan layar karena pengaturannya tidak berfungsi? Jangan khawatir, kini sudah ada cara mengatasi rotasi layar tidak berfungsi terutama di HP Realme.

Rotasi layar pada HP biasanya digunakan saat penggunanya ingin menampilkan gambar atau dokumen lanskap pada smartphone yang digunakannya, tak heran jika banyak orang mencari cara untuk mengatasinya jika pengaturan tersebut tidak berfungsi dengan baik karena akan menghambat aktivitas yang dilakukan.

Saat ini, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan rotasi layar HP tidak berfungsi dengan baik, beberapa penyebab tersebut seperti pengaturan layar yang salah, masalah pada perangkat lunak, hingga sensor Giroskop dan Akselerometer rusak.

Jika kendala tersebut terjadi padamu, jangan panik terlebih dahulu apalagi langsung membawanya ke tukang service, karena ada beberapa cara mandiri yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rotasi layar HP Realme tidak berfungsi dengan baik.

Nah, jika kamu penasaran dengan cara apa saja yang bisa dilakukan, kamu bisa coba simak artikel di bawah ini untuk melakukannya.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Headset Bluetooth Realme

Cara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi di HP Realme

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar rotasi tidak berfungsi dengan baik, panduan ini cukup mudah dilakukan, berikut diantaranya:

Restart HP

Sudah bukan rahasia umum lagi jika melakukan restart atau muat ulang pada HP Android diklaim bisa mengatasi berbagai kendala yang terjadi di sistem operasi HP.

Sementara, sebagian besar dari pengguna smartphone ini hanya melakukan restart beberapa kali saja, itupun jika diperlukan, bahkan hampir terhitung setiap bulannya.

Padahal memuat ulang HP Android, terutama HP Realme akan memberikan dampak positif pada HP, dimana kamu bisa menyegarkan sistem, menutup aplikasi yang beroperasi di latar belakang, hingga memperbaiki beberapa bug.

Jika smartphone Realme yang kamu gunakan memiliki kendala pada masalah rotasi layar, kamu bisa coba lakukan restart pada HP sekarang juga. Dijamin ampuh!

Cek Pengaturan Rotasi Otomatis

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengecek pengaturan rotasi otomatis di HP Realme tersebut. Google sendiri memperkenalkan fitur Rotation Suggestion mulai dari Android 9 Pie dimana opsi ini merupakan cara yang lebih baik untuk merotasikan layar HP Android.

Fitur ini sendiri mampu mengaktifkan rotasi layar otomatis secara default, sehingga memungkinkan pengguna untuk memilih apakah bisa memutar layar atau tidak saat HP yang kamu gunakan dimiringkan ke samping.

Kalibrasi Sensor

Meskipun kamu sudah mengaktifkan rotasi layar otomatis di HP Realme melalui perangkat, tapi layar tersebut tidak berputar jika sensor Giroskop dan Akselerometer rusak.

Untuk itu kamu perlu mendiagnosis dan memperbaiki kedua sensor tersebut dengan melakukan kalibrasi sensor menggunakan aplikasi GPS Status & Toolbox App.

Ini dia langkah-langkahnya:

  • Pertama, download dan pasang aplikasi GPS Status & Toolbox melalui Google Play Store HP Realme yang kamu gunakan.
  • Jika sudah buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, klik tombol menu yang ada di sudut kiri atas.
  • Lalu pilih opsi “Diagnose Sensors”.
  • Kemudian miringkan ponsel dan perhatikan sensor Giroskop dan AKselerometer untuk mengecek kedua fungsinya.

Tapi perlu kamu ketahui, beberapa aplikasi tidak kompatibel dan tidak mendukung rotasi layar sama sekali, untuk itu kamu hanya bisa menggunakan aplikasi tersebut dalam mode potret.

BACA JUGA: Cara Update Android 13 Realme

Demikianlah cara mengatasi rotasi layar tidak berfungsi di HP Realme yang bisa kamu lakukan.

Share.

Leave A Reply