Sosial Media, RANCAH POST – Jagat media sosial dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan seorang qoriah disawer uang saat melantunkan ayat suci Al Quran di sebuah acara.

Video tersebut ramai diunggah oleh sejumlah akun, salah satunya akun Instagram @lets.talkandenjoy pada Kamis, 5 Januari 2023.

Dalam video berdurasi singkat itu mulanya terlihat seorang qoriah sedang melantunkan ayat suci Al Quran dengan suaranya yang merdu di atas panggung.

Namun, tampak ada seorang pria berbaju koko hijau yang naik ke panggung dan langsung menyawerkan satu persatu uang ke hadapan sang qoriah dengan cara dilempar-lemparkan.

Mendapat perlakuan seperti itu, sang qoriah hanya diam dan tetap melanjutkan membaca Al Quran. Tak disangka, saweran tak berhenti sampai di situ saja.

Jamaah lain ternyata ingin mengikuti aksi pria berbaju koko hijau. Seorang pria berbaju koko putih pun tampak menghampiri sang qoriah, lalu menyelipkan uang di kerudung sang qoriah.

Ironisnya, sejumlah jamaah lain justru riuh seolah menyoraki aksi kedua pria itu.

Sampai akhir video, ia masih tetap melantunkan ayat suci Al Quran dengan fokus dan tak menghiraukan aksi dua pria yang memberikan saweran untuknya dengan cara seperti itu.

Diketahui, qoriah yang disawer uang oleh dua pria ketika melantunkan ayat Al Quran itu bernama Ustazah Nadia Hawasyi.

Saat itu ia sedang mengisi acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Dikutip dari Detik.com, Ustazah Nadia Hawasyi pun angkat bicara dan memberikan penjelasan terkait dirinya yang disawer saat baca Al Quran.

Ia membenarkan video yang beredar itu adalah dirinya. Saat itu, Nadia diundang untuk mengisi acara Maulid Nabid Muhammad SAW sebagai qoriah.

Awalnya, papar Nadia, ia tidak mengetahui jika panitia laki-laki maupun perempuan akan menyawer dirinya saat sedang mengaji.

Pada saat disawer, posisinya nadia masih mengaji dan belum selesai. Sehingga tidak mungkin ia langsung menegur atau langsung berhenti turun dari panggung. Pasalnya, itu termasuk adab dalam membaca Al Qiran.

“Pada saat saya disawer itu saya memang marah dan kesal sekali, nggak lama setelah saya disawer saya langsung sodaqallah turun dari panggung, baru saya langsung tegur panitia nya. Jadi sebetulnya panitia yang salah, nggak menghormati kita sebagai pembaca Al-Qur’an,” kata Nadia.

Terkait hal ini, MUI pun mengecam keras tindakan dua pria yang menyawer qoriah Nadia Hawasyi saat membaca Al Quran.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis menilai hal itu adalah perbuatan yang haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan.

BACA JUGA: Ditangkap Polisi, Ini Alasan Wanita Pelempar Al Quran di Makassar Nekat Melakukan Aksinya

Cholil meminta perbuatan tidak terpuji itu dihentikan karena aksi sawer terhadap qoriah merupakan perbuatan yang bertentangan, tak menghargai ayat suci Al Quran yang sedang dibacakan.

Share.

Leave A Reply