Cara mematikan notifikasi Instagram bisa dilakukan dengan beberapa metode mudah. Setelah notif dinonaktifkan, kalian tidak akan menerima notifikasi apapun dari Instagram.

Misalnya notifikasi ada yang memberi like dan komentar ke postinganmu, notifikasi live Instagram orang lain, dan notifikasi-notifikasi lainnya.

Untuk menonaktifkan notifikasi Instagram, kalian bisa melakukannya melalui menu Setelan HP atau menu Setelan di Instagram.

Bagi beberapa orang, adanya notifikasi dari Instagram mengenai like, komentar, direct message (DM), live Instagram atau lainnya adalah hal yang bermanfaat.

Sehingga mereka bisa mengetahui ketika ada notifikasi yang masuk. Akan tetapi, bagian sebagian pengguna hal tersebut sangat mengganggu.

Apalagi jika notifikasinya sangat banyak sehingga HP terus berbunyi. Selain itu, notifikasi dari Instagram pun akan memenuhi bar notifikasi yang membuat kita merasa cukup risih.

Jika demikian, masing-masing pengguna memiliki keleluasaan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi di akun Instgaram mereka.

Ketika menonaktifkan notifikasi Instagram, maka kamu hanya bisa mengetahui dan melihat notifikasi tersebut saat membuka aplikasi saja.

Seperti dijelaskan di awal, ada beberapa metode untuk bisa dilakukan untuk menonaktifkan notifikasi Instagram secara mudah dan cepat.

Kami pun akan membahas semua tutorial pada kesempatan ini. Jadi, kamua hanya perlu menyimak pembahasannya sampai selesai jika ingin mengetahui tutorialnya.

Cara Mematikan Notifikasi Instagram

Langsung saja, ini dia cara menonaktifkan notifikasi Instagram melalui menu Setelan di HP dan melalui Setelan di Instagram.

Melalui pengaturan Instagram

Metode pertama yang bisa kalian praktikkan untuk menonaktifkan notifikasi di Instagram adalah melalui menu Pengaturan di Instagram.

Pertama-tama, silakan buka aplikasi Instagram tyang terinstall di HP kalian. Kemudian, masuk ke profil akun kalian dan klik icon titik tiga > klik Pengaturan.

Pengaturan Instagram

Selanjutnya, klik Notifikasi. Nah, pada menu ini kalian bisa mengatur terkait notifikasi otomatis.

Notifikasi IG

Pilihan pertama untuk menonaktifkan notifikasi Instagram adalah mengklik toggle Jeda Semua, lalu pilih berapa lama notifikasi akan dijeda. Bisa 15 menit, 1 jam, 2 jam, 4 jam, 8 dan 8 jam.

Jeda Notifikasi

Setelah memilih waktu, maka kamu pun tidak akan mendapat notifikasi otomatis, namun bisa melihat notifikasi baru ketika membuka Instagram saja.

Namun, notifikasi otomatis dinonaktifkan hanya sampai waktu yang kalian tentukan. Sehingga setelahnya notifikasi otomatis akan kembali aktif.

Jika ingin menonaktifkan notifikasi dalam waktu yang lama dan hanya bisa aktif kembali jika kamu mengaktifkannya, maka silakan atur secara manual.

Caranya, klik setiap fitur mulai dari Postingan, Cerita dan Komentar, Mengikuti dan pengikuti, Pesan, Telepon, Siaran Langsung dan Reels, Penggalangan Dana, dan Dari Instagram.

Pengaturan Notifikasi IG

Ketika membuka salah satu fiturnya, kalian pun harus kembali mengatur notifikasi apa saja yang ingin dinonaktifkan.

Contohnya pada opsi Postingan, Cerita, dan Komentar, akan muncul berbagai pengaturan lagi. Silakan pilih Nonaktifkan untuk menonaktifkan notifikasinya.

Nonaktifkan Notifikasi Instagram

Setelah itu, silakan atur kembali semua notifikasi apa saja yang ingin dinonaktifkan secara satu persatu agar lebih detail dan sesuai keinginan.

Melalui pengaturan HP

Cara  mematikan notifikasi Instagram berikutnya adalah melalui pengaturan atau setelan HP. Cara ini bisa dibilang sangat mudah, dan secara otomatis semua notifikasi dari Instagram tidak akan tampil di bar notifikasi HP kalian.

Langkah pertama, tekan dan tahan icon aplikasi Instagram lalu klik Info apl. Selanjutnya, klik Notifikasi > dan nonaktifkan toggle Tampilkan notifikasi.

Cara Mematikan Notifikasi Instagram Lewat Pengaturan HP

Secara otomatis, semua notifkkasi baik komentar, like, DM, video siaran langsung dan lainnya akan dinonaktifkan. Kamu hanya bisa melihat notifikasinya ketika membuka aplikasi Instargam.

Selain menonaktifkan semua notifikasi, kalian juga bisa menonaktifkan salah satu atau beberapa notifikasi saja. Tinggal scroll ke bawah dan pilih notifikasi apa yang dinonaktifkan.

Cara Nonaktifkan Notifikasi IG

BACA JUGA: Cara Menyembunyikan Like Reels di Instagram Agar Lebih Fokus ke Konten

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara mematikan notifikasi Instagram melalui pengaturan HP dan Instagram. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply