Aplikasi cek RAM laptop akan membantu penggunanya untuk mengetahui seberapa besar kapasitas RAM atau random access memory di perangkat yang kamu gunakan.

Belakangan ini, aplikasi ini sedang banyak diburu oleh pengguna laptop, yang sering merasa kesulitan untuk mengecek sisa kapasitas atau ruang penyimpanan laptop yang mereka gunakan.

Sebenarnya untuk mengecek penyimpanan laptop ini cukup mudah dan praktis, tapi masih ada beberapa pengguna yang masih awam dan belum mengetahui caranya.

Selain mengetahui kapasitas penyimpanan RAM, melalui cara ini kamu juga bisa mendapatkan informasi lainnya seperti VGA, processor, suhu perangkat dan masih banyak lagi informasi lainnya yang bisa kamu ketahui.

Nah, jika kamu belum mengetahui aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk mengecek RAM, berikut kami akan merekomendasikan lengkap dengan ulasannya.

Rekomendasi Aplikasi Cek RAM Laptop

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengecek RAM laptop. Berikut diantaranya:

Speccy

Speccy
Speccy. (IST)

Pada jajaran pertama kamu bisa menggunakan aplikasi Speccy. Aplikasi yang satu ini sangat bisa diandalkan untuk mengecek ruang penyimpanan pada laptop yang kamu gunakan.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup praktis, kamu juga bisa mengetahui informasi lainnya saat melakukan pengecekan RAM, seperti suhu perangkat, processor, VGA, dan masih banyak lagi.

Ini dia langkah-langkah penggunaannya:

  • Download dan pasang aplikasi Speccy di perangkat laptop yang kamu gunakan.
  • Jika aplikasi sudah terpasang, buka aplikasi tersebut.
  • Aplikasi akan secara otomatis memindai seluruh perangkat yang terpasang pada PC atau laptop tersebut.
  • Jika proses pemindaian sudah selesai, kamu bisa melihat berbagai informasi yang ditampilkan pada layar PC atau laptop, mulai dari RAM, CPU, hingga Motherboard.

CMD

CMD - Apk Cek RAM Laptop
CMD – Apk Cek RAM Laptop. (IST)

Aplikasi cek ram laptop selanjutnya, ada software CMD. Software yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mengecek ruang penyimpanan yang tersisa dan sudah digunakan pada perangkat tersebut.

CMD sendiri merupakan platform command line interpreter yang akan menjalankan perintah masukkan dari pengguna, aplikasi ini juga memiliki banyak jenis perintah yang bisa kamu gunakan untuk mengecek RAM. Berikut langkah-langkah menggunakannya:

  • Buka halaman utama laptop yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya buka CMD dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  • Berikutnya, ketikkan CMD did layar yang tersedia.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke tampilan CMD.
  • Pada opsi tersebut, masukkan perintah Systeminfo. Jangan lupa untuk menekan opsi enter pada keyboard untuk menjalankan perintah yang kamu input.
  • Lalu scroll ke bagian bawah laman tersebut dan temukan menu Total Physical Memory.
  • Pada bagian tersebut, kamu bisa mengetahui seberapa besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh perangkat laptop atau PC yang kamu gunakan.

BACA JUGA: Aplikasi Cek Layar HP

CPU-Z

CPU Z
CPU Z. (IST)

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu gunakan ada CPU-Z. Aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mengecek RAM laptop dengan mudah.

Biasanya CPU-Z digunakan oleh para teknisi komputer untuk mendapatkan informasi seputar RAM dan keperluan laptop lainnya.

Interface yang dimiliki aplikasi ini juga tergolong mudah, dimana kamu hanya perlu menginstall aplikasi ini dan memilih opsi memori untuk mengetahui informasi RAM di perangkat yang kamu gunakan.

Memtest86+

Memtest86
Memtest86. (IST)

Pada jajaran terakhir, ada aplikasi Memtest86+. Aplikasi yang satu ini tak hanya memiliki kemampuan untuk mengecek kapasitas RAM saja, tapi kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menguji memori RAM tersebut.

Memtest86+ sendiri bisa kamu gunakan di banyak sistem operasi Windows, mulai dari 7-10.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Download dan pasang aplikasi Memtest86+ melalui browser laptop yang kamu miliki.
  • Selanjutnya, buka aplikasi tersebut. Aplikasi akan secara otomatis menampilkan informasi lengkap dan detail mengenai perangkat tersebut, kamu bisa pilih menu RAM untuk mengetahui kapasitas penyimpanan RAM yang digunakan laptop, baik itu ruang yang sudah terisi ataupun ruang kosong.
  • Selesai.

Kamu bisa mengunjungi link https://www.memtest.org/, untuk mengunduh software ini di laptop yang kamu gunakan.

BACA JUGA: Aplikasi Penyimpanan Data Online

Itulah beberapa aplikasi cek RAM laptop yang bisa kamu gunakan.

 

 

Share.

Leave A Reply