Pada proses implementasi smart city atau kota pintar aplikasi digital memang memegang peran penting. Untuk itu kamu harus memilih aplikasi smart city yang berkualitas agar bisa fokus untuk mengatasi berbagai permasalahan bisnis dan lainnya.

Dengan hadirnya aplikasi ini kamu bisa lebih mudah untuk menyongsong terwujudnya kota impian dan menerapkan prinsip tersebut di berbagai kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi smart city yang bisa diandalkan dan tentunya mendukung tatanan kota di pemerintahan Indonesia.

Rekomendasi Aplikasi Smart City

mCity

mCity
mCity. (IST)

M city merupakan salah satu aplikasi yang di kembangkan oleh gamatechno, aplikasi ini akan membantu pemerintah untuk mewujudkan konsep smart city. Tak heran jika banyak pengguna yang menunjukkan aplikasi ini karena merasa terbantu.

Menariknya kini aplikasi ini bisa diakses cara bebas melalui smartphone Android dan iOS.

Pada aplikasi ini kamu bisa menemukan berbagai informasi lengkap mengenai kuliner, objek-objek wisata, hingga informasi hotel. Mcity sendiri jadi salah satu layanan yang sukses mengembangkan solo destination.

Aplikasi ini juga tidak hanya fokus pada pendukung wisata saja, mereka juga memiliki sejumlah aplikasi pendukung lembaga pemerintahan, seperti perizinan untuk mengolah sistem informasi melalui satu pintu, GTA aspirasi yang menangani berbagai informasi dari masyarakat, groupware yang akan memudahkan penggunanya untuk melakukan kolaborasi pada sistem arsip perkantoran.

Qlue – Aplikasi Smart City

Qlue - Apk Smart City
Qlue – Apk Smart City. (IST)

Aplikasi smart city selanjutnya ada Qlue. Aplikasi ini cukup terkena karena digunakan di DKI Jakarta.

Kota yang memiliki daerah yang padat penduduk ini tentunya membutuhkan layanan yang mampu mempermudah penyaluran aspirasi masyarakat.

Tak heran jika Qlue sangat membantu karena mereka dilengkapi dengan fitur yang akan memudahkan masyarakat untuk melayangkan komplain mengenai kerusakan fasilitas, perbaikan layanan, lainnya.

Melalui aplikasi ini juga, kamu bisa mengunggah foto mengenai kondisi atau masalah yang akan kamu adukan. Sampai saat ini aplikasi ini memuat lebih dari 5000 aduan setiap harinya.

BACA JUGA: Aplikasi Edit Video Cinematic

LAPOR!

LAPOR
LAPOR. (IST)

Kemudian ada aplikasi lapor. Lapor atau layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat ini merupakan sarana aspirasi dan pengaduan berbasis sosial media yang hadir di Indonesia.

Berbeda dengan layanan sebelumnya, Lapor mengharuskan pengajuan laporan harus diawasi oleh publik. Hal tersebut sudah tercatat agar publik bisa mengetahui progres penyelesaian masalah yang diadukan.

Fitur tersebut tentunya memungkinkan hadirnya dialog virtual antara pengelola dan masyarakat. Mana mereka bisa lebih mudah untuk berkomunikasi secara rinci.

Saat ini sendiri aplikasi ini sudah terhubung secara digital ke 70 instansi pemerintah, dan mereka terus memperluas jaringannya agar bisa menjangkau banyak instansi di seluruh wilayah Indonesia.

Media Social Mapping dan Panic Button

Saat ini Bandung baru saja merilis media sosial mapping pada tahun 2015. Gubernur Jawa barat menjelaskan bahwa aplikasi canggih ini memiliki kemampuan untuk menangkap berbagai percakapan warga di media sosial di wilayah tertentu.

Jika saja suatu masalah terjadi, aplikasi ini akan langsung terhubung secara otomatis pada bagian pelayanan publik. Di mana msm ini akan bekerja untuk menuntaskan itu semua.

Jika ada pengguna yang membutuhkan aplikasi ini, dia bisa memanfaatkan opsi help di panic button. Petugas keamanan akan terjun langsung ke lokasi berdasarkan sinyal GPS yang terdeteksi.

Tangerang Live

Sesuai dengan namanya aplikasi Tangerang live hadir untuk mewujudkan kota Tangerang yang pintar. Aplikasi ini akan mengumpulkan berbagai fitur andalan pada satu sistem untuk mempermudah proses berbagai pengaduan yang masuk.

Aplikasi dengan interface sederhana ini memiliki berbagai fitur menarik, penggunanya tidak perlu mengunduh layanan satu persatu karena mereka sudah mengunduh semua layanan secara otomatis saat aplikasi ini dibuka.

Bahkan, aplikasi ini sudah bisa dirasakan manfaatnya. Mereka juga sudah memiliki fitur berita, makanan aspirasi kotak saran, siap kerja, dan perizinan.

BACA JUGA: Aplikasi Android yang Berguna untuk Sehari-Hari

Nah, itulah beberapa aplikasi smart city yang bisa kamu gunakan untuk mewujudkan kota impianmu.

Share.

Leave A Reply