Mode headset di HP Realme tidak hilang meski headset sudah dicabut? Tenang saja, kini sudah ada cara menghilangkan mode headset di HP Realme.

Untuk kamu yang belum tahu, mode headset merupakan salah satu mode yang dihasilkan dari headset yang kamu gunakan di perangkat tersebut.

Berbicara mengenai headset, tentu perangkat tersebut sering kamu gunakan, baik itu untuk mendengarkan musik, menonton YouTube, hingga melakukan panggilan. Tapi, saat banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan mode headset yang tidak hilang karena berbagai alasan.

Mode headset ini adalah kondisi dimana headset sudah tidak dipakai atau digabung, tapi kamu tetap tidak bisa mendengarkan suara dari speaker HP yang kamu gunakan. Bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan mode tersebut? Untuk mengetahui cara jelasnya, kamu bisa simak artikel di bawah ini.

Cara Menghilangkan Mode Headset di HP Realme

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan mode headset di HP Realme ini. Cara ini tentunya cukup mudah dilakukan, dengan begitu kamu bisa mengatasinya tanpa harus membawanya ke tukang service HP. Berikut diantaranya.

Coba Sambungkan Ulang Headset

Coba Sambungkan Ulang Headset
Coba Sambungkan Ulang Headset. (IST/Pixabay)

Pertama, kamu bisa coba dengan menyambungkan ulang headset yang kamu gunakan. terjadinya error pada mode headset biasanya disebabkan oleh banyak hal. Salah satu hal tersebut yaitu sambungan koneksi antara HP dan headset belum terputus secara sempurna.

Jika hal tersebut terjadi, kamu tak perlu khawatir, karena seharusnya kasus seperti ini sangat mudah diatasi.

Untuk menghilangkan tanda headset tersebut, kamu bisa coba dengan menyambungkan ulang headset pada HP Realme yang kamu gunakan. untuk memastikannya, pastikan kamu mencoba cara ini secara perlahan.

Sambungkan headset ke HP tersebut seperti biasa, lalu perhatikan tanda headset yang muncul di bagian status bar layar HP tersebut. Setelah itu diamkan sesaat, lalu putuskan sambungan tersebut secara perlahan. Pastikan mode headset juga ikut menghilang setelahnya.

Membersihkan Bagian Lubang Headset

Cara menghilangkan mode headset di HP Realme selanjutnya, kamu bisa coba dengan membersihkan lubang headset HP tersebut. Perlu kamu ketahui, kondisi lubang headset yang kotor bisa menyebabkan suara tertahan atau munculnya tanda headset secara tiba-tiba

Ya, jika lubang headset kemasukan debu atau benda asing lainnya tentunya akan menyebabkan error serupa.

Oleh karena itu, kamu harus membersihkan lubang headset secara berkala untuk menghindari masalah ini terjadi, kamu bisa menggunakan cotton bud atau jarum untuk membersihkan lubang headset tersebut.

Untuk mencegah masalah tersebut kembali terjadi, kamu bisa menggunakan casing dengan model tertutup pada bagian lubang headset dan dibuka saat diperlukan saja.

BACA JUGA: Cara Cek Touchscreen Realme

Restart HP

Restart HP
Restart HP. (ist/Pixabay)

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan restart. Cara ini merupakan cara terbaik dan termudah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki sistem pada smartphone tersebut.

Cara ini juga cukup ampuh untuk mengatasi masalah koneksi internet yang buruk atau kurang stabil, masalh bluetooth, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba car aini saat HP yang kamu gunakan error dan muncul mode headset secara tiba-tiba. Sebab bisa jadi, melakukan restart pada HP juga bisa jadi cara untuk mengatasi mode headset di HP yang error secara mudah dan praktis.

Nonaktifkan HP dan Lepas SIM Card

Melakukan restart juga bukan jalan terakhir yang bisa kamu lakukan, kadang cara tersebut juga tidak cukup untuk memperbaiki sistem HP yang error, kamu bisa coba dengan menonaktifkan HP dan melepaskan SIM Card yang terpasang di HP tersebut.

Selain SIM Card, kamu juga bisa sekalian melepaskan micro SD yang terpasang di HP tersebut.

Namun perlu kamu ketahui, kamu harus melakukan cara ini secara bertahap sesuai dengan urutan, yaitu matikan HP tersebut terlebih dahulu lalu melepaskan SIM Card, karena jika sebaliknya, justru akan merusak sistem HP Realme.

Gunakan Aplikasi Speaker Cleaner

Terakhir untuk menghilangkan mode headset di HP Realme kamu bisa coba dengan menggunakan aplikasi Speaker Cleaner. Aplikasi ini dibuat khusus dan cukup efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul pada headset HP Realme yang error.

Menariknya, kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mengunduhnya secara gratis di Play Store.

Cara kerja aplikasi Speaker Cleaner sendiri sangat sederhana, dimana aplikasi ini akan bekerja secara otomatis dan melakukan pembersihan atau cleaning, setelahnya akan ada proses pairing terhadap sistem audio untuk mendeteksi masalah apa yang terjadi di dalamnya dan langsung membenahinya. Menarik bukan?

BACA JUGA: Cara Mengatur Alarm di HP Realme

Demikianlah cara menghilangkan mode headset di HP Realme yang bisa kamu lakukan. Semoga membantu.

Share.

Leave A Reply