Cara mematikan sensor proximity di HP Realme memng sering dilakuakn oleh beberapang orang karena kurang menyukai atau ada beberapa faktor yang mengharuskan untuk mematikannya.

Handphone berbasis Android, termasuk merek realme, sudah dibekali dengan sensor Proximity yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi perubahan jarak suatu obyek terhadap sensor tersebut.

Sensor Proximity dapat mendeteksi keberadaan suatu obyek terdekat hingga biasanya 1mm untuk kemudian mengaktifkan perintah lain.

Contohnya saja pada saat kamu sedang melakukan panggilan telepon dan mendekatkan perangkat ke telinga, maka layar handphone akan diistirahatkan atau dikunci secara otomatis.

Layar dikunci dilakukan oleh sistem agar percakapan telepon dapat berjalan laya dimana tombol virtual yang muncul di handphone menjadi tidak tersentuh sama sekali.

Namun hal ini akan berbeda ketika kamu sedang melakukan video call menggunakan WhatsApp, Telegram, LINE, maupun Zoom yang mana tentunya malah terganggu jika tiba-tiba layar mati secara otomatis sehingga tidak dapat melihat lawan bicara.

Kamu yang mengalami kendala tersebut mungkin ingin mematikan sensor Proximity sementara. Walaupun pada handphone realme dengan Android versi di bawah 7 Nougat masih menyediakan opsinya pada menu Settings, namun tidak lagi pada sistem operasi realme UI terbaru.

Menu untuk menyalakan atau mematikan sensor Proximity telah dihilangkan pada realme UI terbaru untuk menjaga keamanan agar orang tidak sembarangan menonaktifkan sensor tersebut karena sifatnya yang penting.

Kadi kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Proximity Sensor On Off yang dapat diunduh dari Google Play Store.

BACA JUGA: Apa itu Diagnostic Mode dan Cara Mengaktifkannya di HP Realme

Cara Mematikan Sensor Proximity di Handphone Realme

  • Install aplikasi Proximity Sensor On Off di handphone

    Proximity Sensor On Off
    Proximity Sensor On Off. (IST)
  • Jalankan aplikasi Proximity Sensor On Off
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu akan diperlihatkan bahwa Service Enable sedang aktif
  • Tekan tombol toggle di sebelah Service Enabled agar ke posisi mati
  • Kemudian, sensor Proximity di handphone realme pun akan mati

Kamu dapat langsung mencoba melakukan video call dengan menggunakan WhatsApp, Telegram, Zoom, atau lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk mendekatkan handphone dengan telinga saat melakukan panggilan telepon. Apabila layar masih tetap menyala, maka menandakan bahwa sensor Proximity.

Hanya saja sebaiknya sensor Proximity dimatikan apabila sedang terjadi masalah di handphone saja. Sementara jika handphone dalam kondisi normal, kamu harus mengaktifkan sensornya karena sangat berguna untuk berbagai fitur.

BACA JUGA: Cara Memindahkan Taskbar ke Bawah Windows 10

Demikianlah cara mematikan snsor proximity di HP Realme yang bisa kamu lakukan.

Share.

Leave A Reply