RANCAH POST – Tak seperti dulu, cara edit PDF di laptop sudah bukan lagi menjadi pekerjaan yang terlalu rumit untuk dilakukan. Ya, berkat kemajuan teknologi, saat ini kita bisa dengan mudah mengedit Portable Document Format (PDF) baik secara online maupun offline.

Untuk bisa mengedit sebuah file PDF tentu diperlukan aplikasi atau software yang memang dirancang khusus untuk mendukung pekerjaan tersebut. Nah, salah satu software edit FDF yang paling banyak direkomendasikan adalah SwifDoo PDF.

SwifDoo PDF merupakan software editor PDF profesional yang kompatibel dengan laptop ataupun PC yang menjalankan sistem operasi Windows.

Software tersebut dilengkapi berbagai fitur menarik yang dapat memudahkan kita untuk mengedit dokumen PDF, mulai dari menambahkan atau menghapus teks, mengedit gambar, memasukan tanda tangan dan lainnya.

Bahkan lebih dari itu, SwifDoo PDF juga memungkinkan kita untuk mengkonversi file PDF ke JPG, JPG ke PDF serta beberapa format lain seperti Word, Excel, PPT, TXT, CAD dan HTML.

Hadir dengan antarmuka yang intuitif dan alat pengeditan yang komplit, membuat perangkat lunak ini bisa dioperasikan dengan sangat mudah bahkan oleh pengguna yang belum memiliki pengalaman sekalipun.

Ukurannya juga terbilang sangat ringan, hanya membutuhkan storage sekitar 33.8 MB sehingga tidak akan menguras ruang pada HDD ataupun SSD laptop kita.

Cara Edit PDF di Laptop Menggunakan SwifDoo

Seperti yang telah disebutkan di atas, menggunakan SwifDoo PDF sangatlah mudah, bahkan Anda yang belum pernah mencoba mengedit file PDF sebelumnya pun bisa langsung mahir mengoperasikan alat-alat editing yang tersedia di dalamnya.

Untuk menikmati kemudahan dalam mengelola file PDF dengan SwifDoo, Anda bisa mendownload filenya aplikasi terlebih dahulu dari website resmi Swifdoo.com.

  • Download file aplikasi SwifDoo PDF lalu instal di laptop Anda.
  • Tunggu hingga aplikasinya terpasang dengan sempurna dan jika sudah selesai Anda dapat langsung membukanya.
  • Untuk melakukan pengeditan pada sebuah file PDF, misalnya Anda ingin memperbaiki kesalahan ketik. Silahkan pilih menu Edit.
Cara mengedit PDF
Cara mengedit PDF. (SS)
  • Selanjutnya cari file PDF yang hendak di edit. Jika sudah berhasil terbuka, arahkan kursor pada menu Edit yang ada pada deretan toolbar.
Cara edit PDF online
Cara edit PDF online. (IST)

Selain dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki typo, lewat menu tersebut Anda juga bisa mengubah ukuran, gaya dan warna tulisan (font) atau menyisipkan tautan, gambar, dan memotong halaman pada bagian tertentu.

Convert JPG ke PDF

Tak hanya bisa diandalkan untuk keperluan edit-mengedit PDF, lewat SwifDoo Anda juga bisa dengan mudah mengubah file dokumen dalam format JPG ke PDF.

  • Caranya, buka dan jalankan aplikasi SwifDoo PDF di laptop atau komputer Anda.
  • Kemudian cara menu Convert di bagian atas lalu pilih menu Image to PDF.
Cara Convert JPG ke PDF
Cara Convert JPG ke PDF. (IST)
  • Selanjutnya import file JPG yang akan diubah menjadi PDF dengan cara mengklik + Add Files atau Open or Drag Files Here.
  • Pada kolom Options pilih Create a New PDF, Anda juga bisa menentukan ukuran halaman sesuai dengan kebutuhan serta memilih folder untuk menyimpan hasil konversinya nanti.
  • Setelah semuanya sudah selesai diatur silahkan Anda klik tombol Start dan tunggu hingga proses konversi selesai.

Cara Menggabungkan File PDF

Menggabungkan File PDF juga termasuk salah satu fitur berguna lain yang dimilikinya. Ya, SwifDoo turut dibekali tool yang bernama Merge PDF, dengan tool tersebut Anda bisa dengan cepat menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu atau hanya memilih bagian-bagian tertentu di setiap halamannya.

Untuk menggunakannya fiturnya Anda hanya perlu memilih menu Merge PDF pada halaman depan aplikasi SwifDoo.

Mirip dengan cara yang sebelumnya, Anda juga dapat mengklik tombol + Add Files atau Open or Drag Files Here untuk mengimport file PDF yang akan digabungkan.

Cara Menggabungkan File PDF
Cara Menggabungkan File PDF. (SS)

Kemudian klik Start dan jika sudah muncul keterangan Completed Anda bisa membuka hasilnya untuk melakukan pengeditan atau menghilangkan bagian-bagian tertentu.

Compress PDF

Mengompres file PDF itu sangatlah penting untuk memangkas ukuran file agar bisa disimpan atau dibagikan dengan mudah. Nah, apabila Anda memiliki aplikasi SwifDoo hal tersebut dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik saja.

Cara kompres PDF
Cara kompres PDF. (SS)

Tak usah khawatir soal kualitas, karena SwifDoo memungkinkan Anda untuk mengecilkan ukuran file PDF atau mengurangi kualitas dari file tersebut.

Kenapa bisa begitu? Karena SwifDoo menggunakan teknologi Lossless Compression untuk menghilangkan redundansi statistik. Tidak akan ada data yang hilang selama proses kompresi dan juga proses ini hanya menargetkan data dengan ukuran yang berlebihan.

Annotate PDF

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa PDF adalah salah satu jenis file yang tidak bisa di edit secara sembarangan. Lantas bagaimana jadinya jika kita ingin menambahkan anotasi pada file PDF?

Menambahkan anotasi pada PDF tidaklah serumit dengan apa yang Anda bayangkan selama ada aplikasi SwifDoo yang terinstal di laptop Anda.

SwifDoo dilengkapi berbagai tools anotasi yang dapat Anda pergunakan seperti highlight, stempel, catatan, pensil dan shape untuk menandai kalimat atau frasa agar konten menjadi lebih mudah dipahami.

Cara Membuat Anotasi PDF
Cara Membuat Anotasi PDF. (IST)

Menariknya, setelah selesai ditambahkan tanda atau anotasi tersebut tidak akan hilang meski dibuka di sistem operasi apapun.

E-signatures

SwifDoo juga menyuguhkan kemudahan bagi Anda untuk langsung menandatangani dokumen. Ada tiga opsi cara menambahkan tanda tangan elektronik pada file PDF yang ditawarkannya.

Adapun ketiga opsi yang dimaksud adalah dengan mengunggah gambar tanda tangan, mengetik nama Anda pada bidang yang kosong dan menggunakan mouse untuk membuat tanda tangan.

Cara Menandatangani PDF
Cara Menandatangani PDF. (IST)

Dengan demikian, SwifDoo dapat dibilang sebagai software editor PDF terbaik karena memiliki beragam fungsi sehingga sangat recommended untuk Anda download.

Ya, seperti yang telah dijabarkan satu persatu di atas, selain bisa dimanfaatkan sebagai cara edit PDF di laptop, software ini pun dapat berguna untuk menggabungkan PDF, kompres PDF, membuat anotasi, convert JPG ke PDF dan menambahkan tanda tangan elektronik.

SwifDoo PDF dapat Anda unduh secara gratis, namun versi gratisannya memiliki fitur terbatas. So, untuk bisa mengakses semua fitur yang ada didalamnya disarankan untuk berlangganan SwifDoo Pro.

Ada tiga pilihan paket berlangganan yang ditawarkan, yaitu paket bulanan seharga USD 20 (sekitar Rp 300 ribuan) dan paket tahunan dengan harga USD 5.75 (sekitar Rp 90 ribuan) perbulan atau jika ditotalkan bisa mencapai sekitar Rp 1.1 jutaan.

BACA JUGACara Mengunci File PDF dengan Password agar Tidak Bisa di Copy

Sementara untuk membeli lisensi SwifDoo Pro seumur hidup diperlukan biaya sebesar USD 159 (sekitar Rp 2.5 jutaan.

Share.

Leave A Reply