Cara menghentikan HP Realme disadap jarak jauh merupakan metode yang perlu kamu ketahui untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan terjadi.

Seperti kita ketahui, saat ini kehangat siber bisa mengintai kapan saja dan pada siapapun tanpa memandang latar belakang korbannya.

Penyadapan HP tak hanya memungkinkan orang lain bisa mengakses ponsel si memiliki, tapi bisa juga membahayakan identitas dan privasi korban.

Seiring bekembangnya inovasi teknologi dunia, proses penyadapan dan peretasan ini membuat keberadaan mereka sulit dilacak dan dikenali.

Hal tersebut tentunya akan menambah peluang terjadinya peretasan dan penyadapan yang sering tidak disadari oleh sebagian besar orang. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka tak ada metode lain yang bisa kamu lakukan selain menghentikannya.

Tapi pastikan kamu mengatasi hal tersebut dengan cepat sebelum terlambat.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Smart Sidebar Realme

Apa itu Sadap HP?

Dikutip dari laman resmi Kaspersky, sadah HP merupakan salah satu tindakan kriminal, dimana seseorang akan memaksa untuk mengakses telepon atau media komunikasi lainnya milik orang lain.

Hal ini biasanya dilakukan saat pemilik ponsel mengakses koneksi internet yang tidak memiliki perlindungan, sehingga penyadap bisa dengan mudahnya untuk masuk ke perangkat ponsel kamu.

Tak hanya itu, proses penyadapan ini juga bisa dilakukan melalui pelanggaran keamanan tingkat lanjut, dimana hal tersebut memungkinkan penyadap mengakses berbagai aplikasi yang terinstall di HP kamu, baik itu pada Android maupun iOS.

Nah, jika kamu merasa HP kamu tidak aman, kamu bisa coba salah satu cara di bawah ini untuk menghentikan HP yang disadap, terutama pada HP Realme.

Cara Menghentikan HP Realme Disadap Jarak Jauh

Bila kamu merasa terjadi penyadapan di ponsel pribadi, simak cara menghentikan HP Realme disadap jarak jauh yang dihimpun dari LiveWire dan Surf Shark berikut ini.

Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menghapus aplikasi mencurigakan yang sudah kamu install, biasanya mereka akan meninggalkan malware yang bisa ditemukan dari aplikasi tersebut.

Untuk itu, kamu harus segera menghapus aplikasi tersebut agar bisa menghentikan proses penyadapan pada ponsel.

Kamu juga bisa mengidentifikasi aplikasi yang diterangi sebagai medium penyadapan, jika menyertakan kata spy, monitor, atau istilah lainnya.

Cara ini jadi salah satu cara pertama yang paling mudah dilakukan.

Pasang Aplikasi Antivirus

Cara menghentikan HP Realme disadap jarak jauh selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara memasang aplikasi antivirus di smartphone yang kamu gunakan.

Sesuai dengan namanya, aplikasi antivirus ini akan membantu pengguna HP untuk memindai file dan aplikasi yang membahayakan keamanan perangkat dan menghapusnya secara permanen tanpa bekas.

Tenang saja, kini sudah banyak hadir aplikasi antivirus gratis yang bisa kamu unduh di Play Store atau App Store kok, untuk lebih optimal, kamu bisa menggunakan versi premium, tapi hal tersebut disesuaikan lagi dengan kebutuhan masing-masing.

Ubah Kata Sandi Akun yang Ada di HP

Karena peretasan dan penyadapan akun ini berkaitan dengan keamanan privasi pada ponsel, maka kamu juga perlu mengganti password atau kata sandi akun di dalamnya. Hal ini seharusnya dilakukan secara rutin setiap 3 bulan sekali untuk menghindari segala resiko peretasan dan penyadapan terjadi.

Kamu bisa membuat password baru di akun email atau akun aplikasi lainnya yang terinstall di smartphone tersebut, terlebih pada apk yang berhubungan dengan proses transaksi.

Untuk langkah berikutnya, kamu bisa memasang kata sandi manager untuk melindungi semua akun dari kemungkinan penyadapan di masa mendatang.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Layout Layar Awal Terkunci Realme

Demikianlah cara menghentikan HP Realme disadap jarak jauh yang bisa kamu lakukan. Semoga membantu dan tetap berhati-hati.

Share.

Leave A Reply