Seperti kita ketahui, keyword tool gratis sangat berguna untuk menemukan kata kunci dengan potensi terbaik, dimana pemilihan kata kunci atau keyword yang tepat merupakan salah satu cara dasar untuk menemukan SEO.

Memilih kata kunci yang tepat juga jadi salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemungkinan konten yang kamu buat bisa memasuki peringkat teratas di jajaran SEO atau search engine optimization.

Namun, saat ini sebagian besar keyword tools dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, hal tersebut tentunya kurang recommended untuk UMKM atau blogger pemula yang baru terjun ke pasar digital.

Tapi tak usah khawatir, pad artikel kali ini, kami akan memberitahumu beberapa keyword tools terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk meningkatkan traffic blog dan SEO kamu. Ini dia selengkapnya.

Daftar Keyword Tool Gratis untuk Riset Kata Kunci

SEMRush

SEMRush
SEMRush. (IST)

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan layanan keyword yang satu ini. Karena SEMRush bisa jadi platform yang wajib kamu coba untuk melakukan riset keyboard.

SEMRush merupakan salah satu tools SEO terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan SEO dan mengetahui beberapa data penting tentang kata kunci yang sedang kamu cari, mulai dari Volume pencarian bulanan, Tingkat kepadatan kompetisi, hingga Tingkat kompetisi keyword.

Selain itu, SEMRush juga memiliki beberapa fitur penyortiran hasil yang bisa kamu gunakan untuk menyaring rekomendasi kata kunci dengan mudah dan cepat.

Untuk mendapatkan kata kunci yang sesuai dengan keinginanku, kamu bisa meng-klik satu persatu masing-masing dari variasi keyword berdasarkan kata kunci yang kamu cari.

Meskipun layanan ini berbayar, tapi kamu diberi kesempatan untuk menggunakannya secara gratis sebanyak 10 kali setiap harinya.

Ubbersuggest – Keyword Tool Gratis

Ubbersuggest - Keyword Tools Gratis
Ubbersuggest – Keyword Tools Gratis. (IST)

Keyword tools gratis selanjutnya ada Ubersuggest. Layanan keyword yang satu ini juga sudah cukup populer meskipun tergolong baru di dunia SEO.

Ubersuggest juga menawarkan fitur yang tak kalah menarik dengan kompetitor sebelumnya. Tool yang diciptakan oleh Neil Patel ini juga menawarkan beram fitur riset kuncik yang akan memudahkan penggunanya untuk menemukan ide-ide kata kunci baru.

Adapun beberapa informasi yang disajikan oleh Ubersuggest yaitu, Volume pencarian, Tren popularitas keyword, CPC, Tingkat kompetisi berbayar, Tingkat kompetisi organik, Rekomendasi jual konten, dan lainnya.

Untuk menggunakan Ubersuggest cukup mudah, kamu bisa menggunakan secara gratis sebanyak 3x dalam satu hari. Jika ingin lebih, kamu bisa menggunakan fitur premiumnya dengan membayar untuk berlangganan.

Kamu bisa mengakses link https://app.neilpatel.com/ untuk mengaksesnya melalui aplikasi browser yang kamu miliki.

BACA JUGA:  Aplikasi Kunci Aplikasi

Ahrefs

Ahrefs
Ahrefs. (IST)

Selain SEMRush, kamu juga bisa menggunakan Ahrefs sebagai alat untuk menemukan keyword yang tepat agar bisa jadi trending di halaman utama Google.

Tools ini menawarkan berbagai fitur unggulan dan laporan keyword yang sangat luas untuk penggunanya, sehingga kamu bisa memilih keyword mana yang tepat untuk digunakan.

Adapun beberapa informasi yang bisa kamu temukan di Ahrefs diantaranya:

  • Kesulitan kata kunci (Skor keyword difficulty).
  • 1000+ keyword suggestions.
  • Metrik untuk meningkatkan CTR.
  • Dan lainnya.

Sama dengan tools lain nya, kamu bisa menggunakan Ahrefs beberapa kali secara gratis, jika ingin menggunakannya secara bebas, kamu harus membayar dengan biaya tertentu.

SECockpit – Keyword Tool Gratis

SECockpit - Keyword tool gratis
SECockpit – Keyword tool gratis. (IST)

Keyword tool gratis yang satu ini juga tak kalah menarik untuk kamu gunakan, dimana mereka memiliki antarmuka yang unik dan membantu kamu untuk melakukan riset keyword.

Dikutip dari Backlinko, SECockpit memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya, karena pada SECockpit kamu bisa menemukan berbagai fitur bawaan yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan banyak data tren pencarian, perkiraan traffic, dan kompetisi organik.

Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri, karena SECockpit ini memang dirancang khusus untuk para SEO profesional yang sudah ahli.

Tenang saja, kamu bisa menggunakan layanan ini secara gratis, kok hanya saja terbatas.

SpyFu

SpyFu
SpyFu. (IST)

SpyFu memiliki antarmuka yang sederhana sehingga cocok digunakan oleh pemula. Dengan menggunakan SpyFu kamu bisa menganalisis strategi SEO kompetitor kamu dengan mudah.

Kamu juga bisa mendapatkan keyword yang tepat, sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang besar dari keyword yang kamu gunakan.

Tak hanya itu, SpyFu juga akan menampilan ranking kesulitan keyword yang ingin kamu gunakan lengkap dengan perubahan ranking dari waktu ke waktu.

Sam halnya dengan kompetitor lainnya seperti SEMRush, SpyFu juga mengharuskan kamu untuk berlangganan agar bisa menggunakannya secara bebas. Meskipun begitu, kamu tetap diberi kesempatan untuk menggunakan layanan ini secara gratis.

Majestic

Majestic
Majestic. (IST)

Kamu seorang pemula dan ingin coba mengembangkan website atau blog baru? Mungkin layanan keyword tools yang satu ini cocok untuk kamu gunakan.

Majestic diklaim sangat cocok digunakan untuk bisnis kecil atau blog baru yang belum bisa menghasilkan uang untuk membayar alat penunjang SEO.

Pada Majestic kamu bisa mendapatkan banyak fitur menarik, seperti fitur SEO dalam satu toolkit, meneliti setiap keyword untuk kompetitor, menemukan frase yang mudah, dan lainnya.

Tak hanya itu, melalui Majestic kamu juga bisa langsung mendaftarkan diri menggunakan 3 layanan gratis, lho. Menarik bukan? Yuk kunjungi https://majestic.com/ sekarang juga untuk mengaksesnya.

Keywordtool.io

Keywordtool.io
Keywordtool.io. (IST)

Terakhir ada Keywordtool.io. Layanan ini merupakan salah satu tool gratis yang bisa kamu gunakan untuk menemukan variasi kata kunci lengkap dengan turunannya.

Tool ini sendiri dilengkapi dengan fitur untuk mencari ratusan ide kata kunci yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog, website, hingga konten.

Namun, kamu hanya bisa melihat daftaran kata kuncinya saja, untuk melihat tren, volume, dan tingkat kompetisi kamu tetap harus menggunakannya secara berlangganan.

BACA JUGA: Aplikasi Kunci Aplikasi

Nah, itulah beberapa rekomendasi keyword tool gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan riset kata kunci yang menguntungkan.

Share.

Leave A Reply