Cara pin komentar di IG (Instagram) bisa dilakukan oleh semua pengguna Instagram dengan mudah. Kita bisa menfaatkan fitur tersebut membuat satu komentar tetap berada di paling atas walaupun ada komentar-komentar baru lainnya.

Setelah diakusisi Facebook, Instagram memang terus memperbarui fitur-fitur keren di dalamnya. Sehingga tak heran jika Instagram menjadi salah satu media sosial yang hampir diakses oleh masyarakat di seluruh dunia.

Salah satu dari sekian banyaknya fitur yang ada Instagram adalah fitur pin atau menyematkan komentar di Instagram.

Fitur tersebut resmi dihadirkan di Instagram pada awal Juli 2020 lalu. Dengan fitur pinned comment atau menyematkan komentar, pengguna Instagram bisa memilih beberapa komentar untuk ditempatkan di bagian teratas kolom komentar postingannya.

Untuk pemilihan komentarnya tentu bebas. Meski fitur menyematkan komentar di Instagram sudah hadir cukup lama, tetap saja masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara menggunakan fitur tersebut.

Padahal fitur pin komentar di Instagram sangat bermanfaat ketika kita ingin menyematkan suatu komentar di jajaran paling atas.

Misalnya komentar tersebut berisi informasi penting untuk para pengguna Instagram lainnya yang ingin memberikan komentar di postingamu.

Dengan begitu, setiap kali orang yang membuka kolom komentar postinganmu di Instagram bisa dengan mudah melihat komentar yang disematkan itu.

Jika kamu masih kebingungan dengan cara menyematkan komentar di Instagram, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

Cara Pin Komentar di IG Kita

Perlu diketahui, kamu hanya bisa menyematkan komentar pada foto atau video yang kamu post di feed akun Instagram-mu. Sehingga fitur ini tidak bisa digunakan di akun Instagram orang lain.

Tapi untuk komentarnya bebas, baik itu berisi komentar negatif atau positif yang diberikan oleh pengguna lain. Untuk lebih jelasnya, ini dia tutorialnya untuk kalian.

Buka aplikasi Instagram

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Instagram di HP kalian. Fitur menyematkan komentar hanya bisa dilakukan di aplikasi Instagram, untuk website-nya belum tersedia.

Pastikan juga aplikasi Instagram tersebut sudah login ke akun milikmu. Jika sudah, silakan cari postingan di feed Instagram-mu yang komentarnya ingin disematkan.

Cari komentar yang akan disematkan

Setelah membuka postingan Instagram yang dimaksud, silakan cari dan pilih komentar yang akan disematkan. Seperti dijelaskan di awal, dalam hal ini pengguna bebas memilih komentar yang ingin di-pin.

Setelah menemukan komentar yang akan disematkan, klik dan tahan komentar tersebut sampai muncul fitur pin komentar.

Selanjutnya, klik icon sematan tersebut > klik Sematkan Komentar. Dan komentar pun sudah berhasil disematkan.

Cara Sematkan Komentar di IG

Kamu bisa menyematkan hingga tiga komentar untuk menampilkannya di bagian atas postingan. Kemudian, ketka kamu menyematkan komentar tersebut, pihak Instagram akan memberi tahu orang yang memberikan komentar itu.

Cara Pin Komentar di Postingan IG

Sampai sini, cara pin komentar di IG pun sudah selesai. Lakukan hal tersebut lagi pada postingan lain yang komentarnya ingin disematkan.

Fitur menyematkan komentar di Instagram ini selain untuk menyematkan komentar positif, kita juga bisa menyematkan komentar negatif yang diberikan pengguna lain.

Tindakan tersebut diharapan memberikan efek jera kepada orang tersebut supaya tidak sembarangan dalam memberi komentar.

BACA JUGA: Cara Melihat Komentar Kita di Instagram Orang Lain dengan Cepat

Sekian untuk pembahasan kali ini mengenai tutorial cara pin komentar di IG kita sendiri. Caranya sangat mudah dan pasti bisa dipraktikkan semua pengguna. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply