Cara mengatasi pengunduhan gagal di WA (WhatsApp) bisa dilakukan dengan beberapa metode mudah. Dan semua metodenya akan dibahas satu persatu pada kesempatan kali ini.

Beberapa pengguna WhatsApp ada yang mengeluhkan ketika melakukan pengunduhan di WhatsApp namun tidak berjalan dengan lancar.

Bahkan ada beberapa file media yang gagal di-download, baik foto maupun video. Ketika terjadi permasalahan dalam membuat foto atau video orang lain, biasanya akan muncul tulisan “Unduhan gagal”.

Ternyata pengunduhan gagal di WA bisa terjadi karena banyak hal. Pertama, bisa terjadi karena jaringan internet yang lemot atau bermasalah, sehingga file atau media yang di-download malah gagal.

Kedua, setelan tanggal dan waktu yang tidak benar, sehingga membuat ponsel sulit terhubung ke server WhatsApp untuk mengunduh file atau media.

Ketiga, gagal pengunduhan di WA bisa juga terjadi karena penyimpanan internal yang penuh. Kemudian, WhatsApp malfungsi da file yang diunduh sudah kadaluwarsa.

Nah, jika sekarang kalian sedang mengalami masalah pengunduhan gagal di WA, simak tutorial cara mengatasinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WA

Berikut ini tutorial cara mengatasi pengunduhan gagal di WhatsApp yang bisa kalian praktikkan dengan mudah.

Cek koneksi internet

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengecek koneksi atau jaringan internet di perangkat yang digunakan. Apakah jaringan yang digunakan bagus atau sebaliknya.

Pasalnya, pengunduhan di WhatsApp tidak bisa berjalan lancar jika koneksi internetnya buruk. Alhasil, pengunduhan di WhatsApp pun jadi gagal.

Sehingga untuk mengatasinya, kalian harus memastikan koneksi internet yang terhubung ke HP bagus dan lancar.

Atur tanggal dan waktu

Seperti sudah dijelaskan di awal, penyebab pengunduhan di WA gagal bisa terjadi karena tanggal dan waktu yang tidak benar.

Jadi, untuk mengatasi pengunduhan gagal di WA, kalian harus mengatur tanggal dan waktu dengan benar. Jika sebelumnya kamu memilih opsi pengaturan tanggal dan waktu manual, silakan ubah jadi secara otomatis.

Hal ini supaya tanggal dan waktu bisa real-time sesuai dengan lokasi tempat tinggalmu. Cara mengatur tanggal dan waktu di HP cukup mudah.

Kamu hanya harus membuka menu Setelan > Setelan tambahan > Tanggal & waktu > aktifkan toggle Setel waktu otomatis.

Cara Mengatur Waktu di HP

BACA JUGA: 2 Cara Membersihkan Cache WhatsApp yang Menumpuk dengan Cepat

Hapus data yang tak penting

Cara mengatasi pengunduhan gagal di WA berikutnya silakan hapus data yang tidak penting yang membuat ruang penyimpanan di ponselmu penuh.

Karena salah satu penyebab pengunduhan gagal, baik status maupun kiriman file di WhatsApp itu karena ruang penyimpanan internal yang penuh.

Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengosongkan ruang penyimpanan di ponselmu. Ada dua metode, yakni melalui aplikasi WhatsApp atau File Manager.

Yang pertama dibahas adalah menghapus data-data melalui aplikasi WhatsApp. Silakan buka aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke menu Setelan.

Selanjutnya, klik Penyimpanan dan data > Kelola penyimpanan.

Cara Menghapus File di WA

Tandai file-file yang dirasa tidak penting lalu klik Hapus.

Hapus Foto

Cara kedua adalah melalui File Manager. Silakan buka File Manager di HP > klik Android > media > com.whatsapp.

Cara Hapus File Tak Penting di WA

Kemudian, klik WhatsApp > Media > silakan buka satu persatu file dan pilih file yang akan dihapus, pastikan file tersebut sudah tidak penting lagi.

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di Aplikasi WA

Selain menghapus file di folder WhatsApp, kalian juga bisa menghapus file lainnya, baik foto dan video di galeri untuk membuat ruang penyimpanan tidak terlalu penuh dan bisa menampung file yang baru.

Meminta file dikirim ulang

Cara mengatasi pengunduhan gagal di WA yang selanjutnya, silakan minta file dikirim ulang kepada si pengirim.

Bisa jadi pengunduhan gagal itu disebabkan karena kamu lama tidak membuka pesan sehingga foto atau video menjadi kadaluwarsa dan tidak bisa diunduh.

Tidak ada salahnya untuk meminta lagi file tersebut dikirimkan ulang. Apalagi jika file tersebut sangat penting, pastinya si pengirim dengan senang hati mengirimkannya lagi.

Update aplikasi WA dan restart HP

Upaya terakhir kamu bisa mengupdate aplikasi WA yang terinstall di HP kamu. Bisa saja, permasalahan yang terjadi di aplikasi WhatsApp-mu disebabkan aplikasi WhatsApp yang belum di-update ke versi terbaru.

Silakan update aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store. Setelah meng-update, silakan restart HP kalian. Setelah itu, kamu bisa mengunduh kembali file yang gagal diunduh tadi.

BACA JUGA: Cara Mengubah Bahasa di WhatsApp Secara Langsung dari Aplikasinya

Itu dia, tata cara mengatasi pengunduhan gagal di WA, baik status maupun kiriman file. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply