Cara dark mode Chrome di HP dan laptop atau PC merupakan tutorial yang akan kita bahas pada artikel ini. So, buat kalian yang ingin mengetahui caranya, wajib untuk menyimak pembahasannya sampai selesai.

Di sejumlah aplikasi kini sudah hadir fitur dark mode atau mode gelap. Konon, mode gelap bisa mengurangi ketegangan pada mata ketika kita berlama-lama menatap layar HP atau PC.

Selain itu, dark mode juga diklaim bisa menghemat daya perangkat yang kita gunakan. Oleh karena itu, banyak pengguna menerapkan fitur ini pada sejumlah aplikasi yang digunakan.

Salah satu dari sekian banyaknya aplikasi yang mendukung fitur dark mode adalah Google Chrome. Browser yang diluncurkan Google ini mulai menggulirkan fitur mode gelap sejak 2019 lalu.

Awalnya, fitur dark mode hanya hadir di Google Chrome versi MacOS, sebelum akhirnya diperluas ke Google Chrome versi Android dan iPhone.

Meski sudah hadir cukup lama, nyatanya masih banyak pengguna yang belum mengetahui caranya bahkan ada juga yang belum mengetahui kehadiran fitur tersebut.

Untuk itu, Rancah Post telah menyiapkan tutorial lengkapnya pada artikel ini. Kalian cukup simak sampai akhir lalu praktikkan di perangkatmu.

Cara Dark Mode Chrome

Berikut ini tutorial lengkap mengenai cara mengaktifkan dark mode (mode gelap) di Google Chrome HP dan PC.

Di HP

Tutorial pertama yang akan kita bahas adalah cara mengaktifkan mode gelap Chrome di HP. Ada tiga tema yang bisa dipilih pengguna, yakni default sistem, terang dan gelap.

  • Silakan buka Google Chrome terlebih dahulu di HP Android kalian.
  • Kemudian, klik icon titik tiga di pojok kanan atas untuk membuka menu selanjutnya.

Google Chrome Android

  • Silakan klik menu Setelan, lalu scroll ke bawah dan pilih sub menu Tema.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Google Chrome

  • Ada tiga pilihan tema, karena akan mengubahnya ke dark mode maka pilih Gelap dan secara otomatis tampil Google Chrome pun berubah jadi gelap.

Mode Gelap Google Chrome

Selesai! Untuk menonaktifkan mode gelap ini, lakukan hal yang sama dan pilih opsi default sistem atau terang.

Di PC atau laptop

Jika sebelumnya tema dark mode di Chrome PC hanya bisa didapatkan melalui ekstentsi, kini Chrome telah dibekali dengan fitur untuk mengubah tampilan webnya.

Ya, kita bisa mengatur warna tampilan Chrome dengan berbagai warna yang disediakan, salah satunya warna hitam. Berikut ini tutorialnya!

  • Pertama-tama, buka Google Chrome di PC atau laptop.
  • Lalu, klik Sesuaikan Chrome di pojok kanan bawah layar.

Cara Dark Mode di Chrome

  • Silakan klik Warna dan tema.
  • Ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih, mulai dari warna abu-abu, hitam kuning, hijau, biru, pink, oren, putih, dan lainnya.
  • Karena ingin mengubah tampilannya menjadi dark mode, maka pilih warna hitam > klik Selesai.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap

Dan kini tampilan Chrome di PC kalian pun menjadi berwarna hitam. Agar bisa secara keseluruhan menjadi warna hitam, kalian harus mengubahnya pada pengaturan.

  • Caranya, klik menu Start lalu ketik Dark Mode.
  • Kemudian, klik Turn on dark mode for apps.

Dark Mode PC

  • Terakhir klik Dark.

Dark Mode Laptop

Selesai! Selain mengubah warna, kalian juga bisa memilih latar belakang Chrome dengan gambar yang diinginkan.

BACA JUGA: Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser di HP Xiaomi dan Oppo

Manfaat Mengaktifkan Dark Mode di Chrome

Seperti dijelaskan di awal, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan pengguna setelah mengaktifkan dark mode di Google Chrome, baik di HP maupun PC.

Manfaat yang pertama adalah membuat mata kita lebih nyaman ketika menatap layar HP/laptop dalam waktu yang cukup lama.

Mata pun tak harus bekerja lebih keras untuk mengedipkan kelopak karena cahaya tidak terlalu banyak.

Manfaat yang kedua, adalah memperjelas tulisan. Tulisan akan lebih terlihat dengan jelas karena cahaya pada latar belakang layar yang berkurang.

Manfaat yang ketiga adalah mengurangi cahaya biru atau blue light pada ponsel pintar. Ya, cahaya biru bisa berdampak kurang baik bagi tubuh jika terpapar terlalu sering dan lama.

Manfaat yang keempat adalah baterai HP diklaim jadi lebih hemat. Kemudian, tampilan perangkat yang menerapkan tema dark mode pun menjadi terlihat lebih elegan.

BACA JUGA: Cara Melihat Password yang Tersimpan di Chrome HP Android dan Laptop

Itulah tata cara mengaktifkan dark mode di Google Chrome HP dan PC sekaligus juga manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply