Melalui smartphone Android, kamu kini bisa melakukan explore banyak hal, salah satunya mendeteksi logam dengan menggunakan aplikasi detektor logam.

Seperti kita ketahui, kini sudah banyak Android yang dilengkapi dengan magnetometer, yang umumnya digunakan untuk mendeteksi lokasi GPS atau kompas.

Menariknya, magnetometer ini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi logam, bahkan tanpa tambahan alat khusus lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengubah smartphon tersebut menjadi alat detektor logam? Caranya cukup mudah, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi pendeteksi logam yang sudah tersedia di Play Store.

Ini dia beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi Aplikasi Detektor Logam Akurat

Metal Detector & Gold Detector

Metal Detector & Gold Detector
Metal Detector & Gold Detector. (IST)

Aplikasi Metal Detector & Gold Detector memiliki kemampuan untuk mengenal sinyal elektromagnetik yang ada di sekitar kamu dan wilayah sekitarnya.

Metal Detector & Gold Detector juga cukup efektif digunakan, dimana kamu bisa mengenal otomatis dan mengidentifikasi apapun dengan pengukur seperti Analog dan pengukur radiasi tingkat lanjut.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi logam dalam jangkauan 30 cm. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa coba install aplikasi ini di Play Store.

Metal Detector by Smart Tools co – Aplikasi Detektor Logam

Metal Detector by Smart Tools co - Apk Detektor Logam
Metal Detector by Smart Tools co – Apk Detektor Logam. (IST)

Aplikasi ini mengukur nilai medan magnet dengan menggunakan sensor magnetik yang ada di dalam telepon.

Tingkat kekuatan medan magnet (EMF) di alam ini nilainya sekitar 49μT (microtesla) atau 490mG (milligauss); 1μT = 10mg. Jika ada logam di sekitarnya, maka kekuatan medan magnet menjadi meningkat.

Cara penggunaan aplikasi ini juga sangat sederhana, kamu hanya perlu menginstalnya dan menggerak-gerakkan nya saat halaman utama aplikasi tersebut terbuka.

Kegunaan lain dari aplikasi ini yaitu bisa membantu kamu untuk menemukan kabel listrik di dalam dinding dan logam di dalam tanah.

BACA JUGA: Aplikasi Timbangan Emas

Metal Detector by Gamma Play

Metal Detector by Gamma Play
Metal Detector by Gamma Play. (IST)

Metal Detector by Gamma Play adalah aplikasi Android yang menggunakan alat sensor magnetik untuk mengukur nilai-nilai medan magnet dan akan berubah menjadi detektor logam nyata.

Ketika ada logam di daerah, medan magnet meningkat. App yang terbaik mendeteksi bahan feromagnetik, seperti besi dan tidak dapat mendeteksi bahan non-feromagnetik seperti aluminium.

Interface yang ditawarkan aplikasi ini juga sangat sederhana, jadi kamu bisa mengoperasikannya dengan mudah kapanpun kamu mau.

G-Detect – Aplikasi Detektor Logam

G-Detect - Apk Detektor Logam
G-Detect – Apk Detektor Logam. (IST)

Aplikasi detektor logam yang satu ini dirancang khusus oleh developer Zhar untuk memburu harta karun di dalam hutan.

G-Detect memungkinkan penggunanya untuk meletakkan temuan di peta, membuat katalog dengan gamabr, hingga menghasilkan laporan statistik dalam waktu yang singkat.

Tak perlu khawatir, aplikasi ini tidak mengumpulkan data pribadi apapun dan tidak menyebarkannya pula melalui jaringan.

Metal Detector Smart Hunter

Metal Detector Smart Hunter
Metal Detector Smart Hunter. (IST)

Kemudian ada Metal Detector Smart Hunter. Aplikasi pendeteksi loga yang satu ini sedikit berbeda dengan apk lainnya.

Dimana mereka akan mengajarkan penggunanya cara membuat detektor logam asli menggunakan smartphone dan perlengkapan lainnya. Jika kamu sudah membuatnya, aplikasi ini akan bertindak sebagai pengontrol untuk platform baru yang dirakitnya.

Sayangnya, pengerjaan dan cara menggunakannya cukup rumit, dan hanya bisa dimengerti oleh orang-orang tertentu.

Metal Detector by Netigen Tools

Metal Detector by Netigen Tools
Metal Detector by Netigen Tools. (IST)

Terakhir ada Metal Detector by Netigen Tools. Dengan aplikasi ini HP yang kamu gunakan akan bekerja sebagai detektor logam portabel, dimana kamu bisa mencari benda logam layaknya seorang profesional.

Cara kerja aplikasi ini menggunakan sensor, tenang saja hampir semua smartphone terkini sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Ukuran aplikasi ini cukup ringan, sehingga tidak akan membebani kinerja pada smartphone dengan spesifikasi rendah sekalipun. Yuk, coba download!

BACA JUGA: Aplikasi Pendeteksi Kamera Pengintai

Itulah beberapa aplikasi detektor logam yang bisa kamu gunakan.

Share.

Leave A Reply