Cara mengatasi memori penuh di HP Relame belakangan ini banyak dicari agar smartphone yang digunakan pemiliknya tidak lemot dan performanya menurun karena penuhnya kapasitas memori dalam HP tersebut.

Sebenarnya, hal ini cukup mudah dilakukan, dimana tak butuh cara khusus untuk mengatasinya.

Realme sendiri merupakan salah satu smartphone yang berasal dari Tiongkok, dimana mereka menghadirkan berbagai varian smartphone dan aksesoris dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Meskipun murah, tapi spesifikasi yang ditawarkan tidak murahan, dimana mereka selalu mengeluarkan varian terbaru dengan spesifikasi yang cukup mumpuni dan bisa membuat penggunanya puas saat menggunakan HP tersebut.

Tapi beberapa kendala akan muncul jika memori HP tersebut penuh, seperti tidak bisa mengambil foto atau video, tidak bisa menginstall aplikasi baru dan semacamnya.

Hal tersebut tentunya sangat mengganggu apalagi jika ada hal penting yang mengharuskan kamu mengunduhnya.

Untuk mengatasi memori HP Realme yang penuh, kamu bisa melakukan beberapa cara. Berikut ulasan lengkap cara mengatasi memori penuh di HP Realme.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Realme Lemot

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Realme

Menghapus Cache Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu gunakan yaitu dengan menghapus cache aplikasi di HP tersebut. Umumnya setiap aplikasi pasti akan meminta izin untuk mengakses memori HP kamu.

Tanpa kamu ketahui, mereka juga akan menyimpan file sampah atau lebih dikenal dengan istilah cache.

Jika dibiarkan saja, file cache tersebut akan menggunung dan memenuhi penyimpanan memori HP kamu tanpa sebab yang jelas.

Untuk itu, kamu harus segera menghapus cache di HP Realme agar performa HP tidak menurun. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan di smartphone yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya cari Manajemen Aplikasi.
  • Lalu pilih aplikasi yang ingin kamu bersihkan cachenya.
  • Terkahir Hapus Cache.

Lakukan Scan File Sampah

Selanjutnya kamu bisa coba dengan scan file sampah dengan menggunakan aplikasi bawaan dari HP tersebut. Setiap HP Realme memang sudah dibekali dengan aplikasi pembersih sampah default atau Manajemen Pembersihan.

Pada aplikasi tersebut kamu bisa membersihkan berbagai file-file tidak penting yang terkadang ada di folder yang tidak terjangkau sebelumnya.

  • Menariknya, kamu bisa mendeteksi file tersebut secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya:
  • Buka File Manajer / Manajer File di HP Realme yang kamu gunakan 3
  • Scroll kebawah, lalu pilih opsi “Bersihkan”.
  • Tunggu proses pembersihan sampai selesai.

Hapus Cache atau Data Browser

Terakhir kamu bisa membersihkan cache dan data browser kamu setiap bulannya secara rutin. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada penumpukan cache browsing, karena peramban akan menyimpan semua history pencarian di internet.

Apalagi file sampah yang dihasilkan dari pencarian di internet cukup besar dan tentunya akan memakan banyak ruang di memori HP kamu.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Noise Pada Video

Itulah cara mengatasi memori penuh di HP Realme. Semoga membantu.

 

Share.

Leave A Reply