Peran aplikasi pada sebuah HP memang cukup penting, baik itu aplikasi sosial media, aplikasi foto, atau m-banking. Agar semua aplikasi tersebut tidak bisa ditemukan oleh orang lain, ada cara menyembunyikan aplikasi yang bisa kamu lakukan, terutama di HP Realme.

Beberapa orang menyembunyikan aplikasi pada HP yang mereka gunakan karena kadang risih dengan teman atau saudara yang tiba-tiba mengakses aplikasi atau file tanpa izin.

Bahkan hal tersebut sudah cukup sering terjadi dan membuat kekhawatiran tersendiri apabila ada suatu hal yang penting dan bersifat rahasia pada aplikasi tersebut.

Namun, kini kamu tidak perlu khawatir lagi karena smartphone keluaran terbaru sekaran sudah memiliki banyak fitur yang bisa diandalkan untuk menjaga privasi penggunanya.

Semntara itu, Realme merupakan salah satu braand HP dari perusahaan teknologi yang sudah menerapkan fitur privasi, seperti fitur menyembunyikan aplikasi atau mengunci aplikasi.

Dengan begitu siapapun tidak bisa mengaksesnya secara bebas dan sembarangan untuk membuka aplikasi tanpa izin.

Jika kamu salah satu pengguna baru HP Realme dan ingin menyembunyikan aplikasi di smartphone tersebut, kamu bisa coba tutorial di bawah ini untuk melakukannya.

BACA JUGA: Cara Mengunci Hidden Album di IPhone

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

Mengaktifkan Fitur App Lock

Sebelum kamu menyembunyikan aplikasi, kamu harus mengaktifkan dan mengatur kata sandi keamanan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka menu Pengaturan di HP tersebut.
  • Lalu cari menu Kata Sandi dan keamanan.
  • Pilih opsi Kata Sandi Privasi.

    Kata sandi dan privasi
    Kata sandi dan privasi. (IST)
  • Kemudian, pilih jenis kata sandi yang ingin kamu gunakan, kamu bisa menggunakan Numerik, Pola, atau Alfanumerik.

    Pilih tipe kata sandi
    Pilih tipe kata sandi. (IST)
  • Setelah itu, atur kata sandi privasi sesuai dengan keinginan kamu. Kata sandi ini berisikan buah angka. Hindari menggunakan angka berurutan atau tanggal lahir, karena hal tersebut mudah untuk dilacak.
  • Jika sudah mengaturnya, kata sandi privasi sudah aktif.

Setelah berhasil mengatur kata sandi privasi, kamu tinggal memilih aplikasi apa saja yang akan kamu sembunyikan agar tidak bisa ditemukan dan diakses oleh orang lain.

Cara Menyembunyikan Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan atau Setting di HP tersebut.
  • Selanjutnya cari menu Privasi

    Pilih Privasi
    Pilih Privasi. (IST)
  • Lalu pilih Sembunyikan Aplikasi.

    Sembunyikan aplikasi
    Sembunyikan aplikasi. (IST)
  • Pada halaman tersebut kamu bisa langsung memilih aplikasi apa saja yang ingin kamu kunci.Kamu hanya tinggal mengaktifkan toddler di samping kanan aplikasi tersebut sampai berubah jadi warna hijau.

    Pilih apliaksi yang akan disembunyikan
    Pilih apliaksi yang akan disembunyikan. (IST)
  • Selesai.

 

Untuk bisa membuka aplikasi tersebut, kamu bisa memasukan kode atau password yang sudah kamu buat sebelumnya di aplikasi Telepon.

Fitur ini cukup menarik dan berguna bagi pengguna yang HPnya sering di pinjam oleh orang lain dan takut ada suatu rahasia yang diaksesnya.

Tapi, jika kamu merasa tidak perlu menyembunyikan aplikasi tersebut, kamu bisa kembali ke menu Privasi untuk mematikan fitur penyembunyi nya.

BACA JUGA: Aplikasi Agen Properti

Itulah cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme yang bisa kamu lakukan. Dengan menyembunyikan aplikasi penting juga akan mengamankan data kamu saat HP hilang atau dicuri. Semoga membantu.

Share.

Leave A Reply