Keyboard laptop sering eror saat digunakan? Kamu bisa menggunakan software atau aplikasi cek keyboard laptop untuk mengeceknya.

Seperti keyboard merupakan salah satu hardware laptop yang memiliki harga yang cukup mahal, berbanding terbalik dengan harga keyboard komputer yang relatif murah dan lebih mudah untuk mendapatkannya.

Keyboard sendiri berfungsi untuk memberikan perintah yang berupa teks dan kontrol lain yang dimasukan ke dalam sistem komputer melalui keyboard.

Tak jarang banyak pengguna yang mengeluhkan keyboard mereka eror atau kontrol yang diberikan tidak jalan sesuai dengan permintaan penggunanya.

Untuk mengecek keeroran kontrol yang terjadi di keyboard laptop kamu bisa menggunakan aplikasi khusus untuk mengeceknya.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan.

Rekomendasi Aplikasi Cek Keyboard Laptop

Passmark KeyboardTest

Pada jajaran pertama kamu bisa menggunakan aplikasi Passmark Keyboard Test. Aplikasi yang satu ini, biasanya digunakan untuk mereview hardware laptop atau komputer.

Mungkin untuk beberapa pengguna sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini karena kamu bisa menggunakannya untuk mengecek kestabilan keyboard yang kamu miliki.

Cara penggunaan aplikasi ini juga tergolong mudah, dimana kamu hanya tinggal menginstall aplikasinya dan setelah terinstall, kamu akan langsung disuguhkan dengan tampilan keyboard untuk mengecek fungsi keyboard laptop kamu.

Keyboard Test Utility – Aplikasi Cek Keyboard Laptop

Selanjutnya ada aplikasi Keyboard Test Utility. Aplikasi yang satu ini menawarkan antarmuka yang sederhana, sehingga mudah digunakan oleh siapapun termasuk pemula.

Memiliki fungsi dan cara kerja yang hampir sama dengan aplikasi sebelumnya yaitu mengecek kenormalan keyboard dengan sistem yang sama.

Menariknya, aplikasi ini sudah support dengan Windows versi terbaru, jadi kamu tak perlu takut aplikasi ini tidak berfungsi dengan baik.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya di situs softfamous.com. Tenang saja, aplikasi ini bisa kamu unduh secara bebas dan gratis.

BACA JUGA: Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Aqua’s KeyTest Software

Aquas KeyTest Software
Aquas KeyTest Software. (IST)

Aqua’s KeyTest Software juga tak kalah baik untuk kamu coba mengecek ke-erroran pada keyboard laptop yang kamu gunakan.

Aplikasi ini bersifat portable, jadi penggunanya tidak perlu harus menginstall keyboard ini untuk bisa menggunakannya.

Aqua’s KeyTest Software sendiri tersedia secara bebas di browser, salah satunya di https://www.softpedia.com/get/System/System-Info/Aqua-s-KeyTest.shtml.

Ukuran aplikasi ini juga sangat ringan, yaitu hanya 445 KB saja, jadi tidak akan memakan kuota dan waktu yang cukup besar.

Keyboardtester.com – Aplikasi Cek Keyboard Laptop

Keyboardtester.com - Aplikasi Cek Keyboard Laptop
Keyboardtester.com – Aplikasi Cek Keyboard Laptop. (IST)

Selain secara offline, kamu juga bisa mengecek keyboard laptop melalui beberapa situs, salah satunya Keyboardtester.com.

Situs ini termasuk dalam salah satu situs yang banyak digunakan untuk mengetahui fungsi keyboard yang kamu gunakan.

Situs ini juga memiliki interface yang sederhana, dan tidak akan membuat pengunjungnya kebingungan saat akan mengetes komputer atau laptop mereka.

Keyboardchecker.com

Keyboardchecker.com
Keyboardchecker.com. (IST)

Kemudian ada keyboardchecker.com. Situs yang satu ini juga memiliki sistem yang sangat canggih untuk mengecek fungsi keyboard laptop akmu.

Cara menggunakan situs ini juga sangat mudah, dimana kamu hanya tinggal mengakses situs keyboardchecker.com melalui browser dan mengikuti isyarat yang diberikan untuk menekan tombol laptop kamu.

Keyboardchecker.com sendiri biasnaya digunakan untuk mengetes keyboard gaming pada laptop merek Acer Nitro, Lenovo, ASUS ROG Alienware dan lainnya.

Onlinemictest.com

Onlinemictest.com
Onlinemictest.com. (IST)

Terakhir ada onlinemictest.com. Situs ketiga yang bisa kamu coba setelah kedua situs sebelumnya ini juga tak kalah menarik untuk kamu coba.

Menariknya, situs ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengetes fungsi dari speaker, microphone, hingga webcam.

BACA JUGA: Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows 10

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi dan situs cek keyboard laptop yang bisa kamu coba untuk mengecek fungsi keyboard di perangkat yang kamu gunakan.

Share.

Leave A Reply