Setelah melewati proses uji coba, kini Instagram menciptakan fitur baru bernama Pin Post, cara pin post Instagram sendiri cukup mudah dilakukan.

Untuk kamu yang belum tahu, Pin post Instagram merupakan salah satu opsi untuk membuat postingan unggulan di halaman profil Instagram, dengan begitu orang lain tidak perlu menyelam ke dasar halaman profil untuk melihat postingan tersebut.

Meskipun fitur baru, tapi fitur ini sudah banyak diminati, karena penggunanya bisa menampilkan postingan yang mereka sukai menjadi paling atas.

Fitur pin post atau Grid Pinning ini juga diciptakan bersamaan dengan fitur baru lainnya, mulai dari post Reels dengan durasi 90 detik, penyematan audio klip, hingga stiker interaktif.

Saking menariknya, fitur pinning tersebut membuat banyak pengguna berbondong-bondong untuk mencari cara menggunakannya.

Nah, jika kamu salah satu diantaranya, kamu bisa menyimak langkah-langkah membuat pin post di bawah ini untuk menampilkan post unggulan di halaman profil Instagram.

BACA JUGA: Cara Membuat Collaboration Post di Instagram

Cara Pin Post Instagram dengan Grid Pinning

Sebelum melakukan cara ini pastikan kamu sudah mengupdate aplikasi Instagram, agar fitur bisa muncul dan bisa dioperasikan dengan baik. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Instagram yang terinstall di perangkat kamu.
  • Selanjutnya, masuk ke akun Instagram yang kamu miliki.
  • Pada halaman utama Instagram, pilih menu Profil yang ber icon orang di pojok kanan bawah.
  • Kemudian, cari postingan yang akan kamu Pin agar muncul di paling atas.
  • Jika sudah menemukannya, klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas postingan tersebut dan pilih opsi Pin to your profile atau Sematkan ke Profil Anda.

    Sematkan ke Profil Anda
    Sematkan ke Profil Anda. (IST)
  • Jika proses Gran Pinning yang kamu lakukan berhasil, posting tersebut akan muncul di bagian atas tepatnya di bawah bio profil dan ditandai dengan ikon pin di bagian kanan atasnya.

    Tanda berhasil Grid Pinning
    Tanda berhasil Grid Pinning. (IST)

Tapi perlu kamu ketahui, fitur ini hanya berlaku untuk tiga postingan saja, jika lebih dari itu, akan muncul notifikasi peringatan yang memiliki keterangan bahwa Pin yang kamu gunakan sudah mencapai batas maksimal.

Meskipun begitu, kamu bisa mengganti postingan yang di pinning tersebut dengan mudah kok dan diganti dengan foto lainnya.

BACA JUGA: Cara Hack Instagram Lengkap dengan Cara Menghindarinya

Demikianlah cara post Instagram yang bisa kamu lakukan agar foto favoritmu bisa selalu tampil paling atas profil feed Instagram.

 

Share.

Leave A Reply