Viral Video, RANCAH POST – Beredar sebuah video yang memperlihatkan momen warga Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur tolak keberadaan minimarket Alfamart dan Indomaret di wilayah mereka.

Puluhan warga pun melakukan aksi penolakan dengan menggelar ritual tumpengan atau bucu di depan lokasi berdiri Indomaret yang sudah beroperasi sekitar1 bulan.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo terlihat puluhan warga berjongkok di sebuah lokasi.

Mereka menolak kehadiran minimarket dengan melakukan doa bersama dan tumpengan. Selain di emperan minimarket, banyak pula warga yang berkumpul di seberang jalan.

Video ini sendiri direkam oleh seorang warga yang juga berada di lokasi dengan menggunakan kamera ponsel.

Menurut para warga, pendirian toko modern sangat mengancam keberadaan toko kelontong milik warga sekitar, terlebih lagi jaraknya cukup dekat.

Belum lagi, akan ada satu lagi minimarket modern yang akan didirikan di desa tersebut.

“Kami menolak pendirian Indomaret yang sudah berdiri dan akan berdiri lagi Alfamart,” kata salah satu pria warga setempat yang enggan disebut namanya, dikutip dari Detik.com.

Hal itu tentu membuat warga semakin khawatir, berdirinya minimarket-minimarket tersebut akan mengancam warung-warung kecil di sekitarnya yang membuat pendapatan pasti berkurang.

Kendati sebagai bentuk protes pendirian Indomaret dan Alfamart yang akan dibangun, aksi berlangsung aman dan lancar tanpa ada keributan. Pasalnya, di lokasi tersebut warga hanya menggelar tumpengan dan doa bersama.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pihak kepolisan akan menggelar mediasi melibatkan warga yang menolak, pemilik minimarket dan pihak-pihak yang bersangkutan lainnya.

Sementara itu, video warga tolak adanya minimarket di desa mereka langsung menuai beragam komentar. Lihat videonya di sini.

asep.dzaky, “Setuju emang rezeki gak tertukar tp dg adanya minimarket warung2 kecil jd kena imbas nya..contoh nya anak kecil jaman sekarang ada warung di pinggir rumah aja pengen nya ke minimarket😂.”

mahirarifsyah, “Serba salah memang, kalo ada 2 itu otomatis kedai kedai tradisional bakal susah bersaing. Tapi kalo ada itu bsa nampung tenaga kerja,,, tapi di sumbar bisa tanpa ada 2 itu.”

BACA JUGA: Viral Rombongan Pemuda Nyampah di Minimarket dan Tak Dibersihkan, Gak Ada Akhlak!

henobagastm, “Padahal kalo ada pembangunan gedung ataupun minimarket modern itu menambah value untuk daerah itu hmmmmm ya salang menghargai berbagai pendapat ya lurrrrr.”

Share.

Leave A Reply