Beberapa smartphone dengan spesifikasi terbatas mungkin sering mencari cara mengatasi memori internal penuh.

Seperti kita ketahui, memori internal merupakan memori bawaan HP yang sudah terpasang dan menjadi salah satu spesifikasi yang dimiliki HP tersebut.

Memiliki memori internal penuh tentunya akan membuat kamu jengkel, apalagi jika memori penuh tapi ingin berfoto saat liburan untuk mengabadikan momen tersebut.

Biasanya beberapa pengguna memasang memori tambahan atau memori eksternal untuk mengatasinya, tapi saat ini harga memory card sedang melambung tinggi alias mahal.

Penuhnya memori internal sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu penuhnya sampah pada HP dan faktor lainnya.

Untuk itu, kamu bisa mengikuti cara mengatasi memory internal penuh di smartphone yang bisa kamu coba. Berikut diantaranya.

BACA JUGA: Cara Menyimpan Foto dari Snapchat ke Galer

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Cek Penggunaan Memori Internal

Memori Internal
Memori Internal. (IST)

Pertama kamu bisa mengecek penggunaan memori internal dan besaran persen penggunaan memori pada perangkat smartphone yang kamu gunakan.

Biasanya, perangkat tersebut akan lemot dan kinerjanya menurun saat kapasitas penyimpanan memori internal mencapai 90%.

Kamu juga harus sering mengecek data dan file yang ada pada memori internal, jika dirasa sudah tidak diperlukan, kamu bisa menghapusnya.

Mematikan Fitur Animasi dan Transisi

Cara mengatasi memori internal penuh selanjutnya kamu bisa mematikan fitur animasi dan transisi yang kamu gunakan agar kinerja ponsel bisa lebih lancar.

Meskipun animasi dan transisi pada smartphone akan membuat tampilan HP lebih unik, tapi hal tersebut juga akan membuat banyak file cach dan smapah yang menumpuk sehingga akan memakan banyak ruang yang cukup besar.

Pasang Aplikasi Booster

Selanjutnya, kamu bisa memasang aplikasi booster, salah satu aplikasi booster yang bisa kamu gunakan yaitu memory boost.

Aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengoptimalkan efektivitas memori RAM pada HP mulai dari Homescreen.

Adapun beberapa aplikasi booster lainnya yang bisa kamu unduh secara gratis, seperti Clean Master, CCleaner, dan DU Speed Booster.

Hapus File Download

Sering mendownload file dari browser? Jangan lupa untuk menghapusnya jika sudah selesai digunakan, karena semakin banyaknya file download yang menumpuk akan membuat kinerja HP menurun.

Untuk menghapusnya kamu bisa mengakses file manager atau my file dan pilih file yang bisa kamu hapus, jangan lupa untuk mengeceknya terlebih dahulu agar tidak ada file penting yang ikut terhapus.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Aplikasi CapCut

Itulah beberapa cara mengatasi memori internal penuh yang bisa kamu coba agar kinerja HP tidak lemot.

Share.

Leave A Reply