Sosial Media, RANCAH POST – Nasib malang menimpa seorang driver ojek online (ojol) asal Semarang, Jawa Tengah yang harus rela kehilangan uang Rp 65 juta usai ditipu seseorang dengan modus undian berhadiah dari bank.

Pelaku melancarkan aksinya dengan mengiming-imingi dengan sejumlah hadiah agar bisa menguras habis saldo di rekening bank korban.

Menurut kronologi kejadian yang ditulis akun Instagram @portalsemarang, kejadian itu berawal ketika driver ojol bernama Irwanuari Kiswanto mendapat panggilan telepon dari orang tak dikenal lewat aplikasi WhatsApp pada Selasa, 19 April 2022, pukul 11.44 WIB.

“19/4: sekira 11.44. Driver ojol menjadi korban penipuan puluhan juta. Adapun kronologolinya, pelapor mendapat telpon dari orang yang tak dikenal dengan no. telp 1(401)777-7910,” tulis akun @portalsemarang.

Orang tersebut mengaku dari pihak bank dan menginformasikan bahwa Irwan akan mendapat sejumlah hadiah, yaitu TV, HP, dan motor.

“Orang tsb mengaku dari pihak bank menginformasikan pelapor akan mendapatkan sebuah tv, hp, dan motor,” sambungnya.

Irwan kemudian diminta untuk konfirmasi melalui link untuk menyambungkan ke bank. Setelah itu login ke link dan pelaku meminta kode one time password (OTP) melalui SMS.

“Setelah itu pelapor disuruh konfirmasi lewat link untuk menyambungkan ke bank. Setelah itu login ke link dan terlapor meminta kode OTP lewat sms. Setelah itu secara tidak sadar dan meminta kode OTP dari sms HP,” tulisnya lagi.

Lalu, ia diminta menunggu sekitar 30 menit, namun ternyata nomor WhastApp-nya malah diblokir pelaku.

Irwan yang merasa curiga kemudian mencoba memeriksa saldo rekening bank miliknya. Tak disangka, semua saldo BRI miliknya ternyata telah dikuras habis oleh pelaku.

“Pelapor lalu cek saldo BRI di atm menoreh bahwa saldo telah terkuras. Kemudian pelapor menelpon call center untuk memblokir,” paparnya.

Korban pun segera menelepon call center bank BRI untuk memblokir transaksi oleh komplotan pelaku. Tak hanya tabungan di BRI, Irwan juga mendapati seluruh tabungan di BCA miliknya juga raib. Akibat penipuan itu, driver ojol pun kehilangan uang sebesar Rp 65 juta.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @portalsemarang, driver ojol yang menjadi korban penipuan tampak sangat bersedih ketika menceritakan detik-detik dirinya mengecek saldo di rekening yang sudah dikuras pelaku.

Ia menjelaskan, saldo di BRI berjumlah Rp 31 juta dan BCA Rp 34 juta telah dikuras habis oleh pelaku.

“Saya cek di ATM BRI dan BCA terdekat di wilayah situ. Saya cek ternyata isinya kosong semua,” ucap driver ojol sambil menahan tangis.

Driver ojol tersebut telah melaporkan kejadian yang dialaminya ke Polrestabes Semarang pada Selasa, 19 April 2022 pukul 15.30 WIB.

BACA JUGA: Cerita Driver Ojol Jadi Korban Klitih Ternyata Hoaks, Nekat Bohong Karena Takut Istri

Sementara itu, kasus penipuan yang dialami driver ojol banyak menuai simpati. Warganet berharap agar kasus ini segera ditangani polisi. Lihat videonya di sini.

Share.

Leave A Reply