Viral Video, RANCAH POST – Baru-baru ini viral sebuah video yang memperlihatkan momen seorang ibu melahirkan di dalam bus rute Jakarta menuju Bogor pada Selasa, 19 April 2022. Video tersebut ramai diunggah oleh sejumlah warganet di media sosial.

Beruntung, proses persalinan darurat tersebut berjalan lancar. Ibu serta bayinya dikabarkan selamat dan sehat.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @rsuherminabogor, terlihat dua petugas medis keluar dari dalam bus. Satu petugas tampak membawa peralatan, sedangkan petugas satunya lagi menggendong bayi yang baru dilahirkan.

Setelah turun dari bus, petugas medis itu langsung berlari untuk membawa bayi itu ke dalam rumah sakit.

Kemudian, terlihat pula petugas medis pria yang membopong ibu dari bayi tersbut dari dalam bus dan meletakkannya ke atas blankar untuk dibawa ke rumah sakit.

Dalam keterangan unggahan, diketahui ibu tersebut bernama Elis Juliawati. Ia melahirkan di dalam bus jurusan Tanjung Priok – Leuwiliang pada Selasa, 19 April 2022. Saat itu ia hendak mudik ke kampung halamannya di Leuwiliang.

“Seorang ibu bernama Ny. Elis Juliawati melahirkan di dalam bus jurusan Tj Priok – Lw Liang, Selasa 19 April 2022 ditangani oleh tim Medis RS Hermina Bogor,” tulis dalam keterangan unggahan.

Kronologi kejadian itu berawal ketika seorang penumpang di dalam bus berlari ke gedung Rumah Sakit (RS) Hermina Bogor untuk memita pertolongan karena ada seorang ibu yang melahirkan di dalam bus.

Ia melahirkan di dalam bus ketika melaju di Tol Jagorawi masuk kawasan Sentul, Kabupaten Bogor.

“Awal mula kejadian seorang penumpang dalam bus berlari ke dalam Gedung RS Hermina Bogor untuk meminta pertolongan bahwa ada seorang ibu yang melahirkan di dalam bus. Persalinan terjadi secara normal dalam perjalanan tepatnya di Tol Sentul,” paparnya.

Mengetahui hal ini, dokter dan tim medis bergegas menuju bus untuk melakukan tindakan pada ibu dan bayi yang sudah terlahir. Kemudian, ibu dan bayi dilarikan ke runag IGD RS Hermina untuk diobservasi.

“Dokter dan Paramedis tim Emergency bergegas menuju bis untuk melakukan tindakan pada ibu dan menggunting tali pusat bayi yang sudah terlahir, kemudian Ibu dan bayi di larikan ke ruang IGD RS Hermina Bogor untuk di observasi,” sambungnya.

Dijelaskan, bayi berjenis kelamin perempuan itu lahir dalam kondisi sehat dengan berat badan 2,8 KG dan panjang badan 45 sentimeter.

“Saat ini keadaan ibu dan bayi dalam kondisi baik.
Bayi lahir dengan jenis kelamin Perempuan, BB : 2800 gram, PB : 45 cm,” jelasnya.

Video detik-detik saat ibu dan bayi turun dari dalam bus untuk dilarikan ke rumah sakit pun ramai menuai beragam komentar. Mereka memuji aksi sigap para tenaga medis dalam menangani pasien. Lihat videonya di sini.

hairiyahabdat, “Patut di apresiasi Rumah Sakit Hermina 👍🏻👍🏻👍🏻 menyelamatkan nyawa diutamakan dimana zaman sekarang berita yg selalu muncul adalah oknum pihak2 rumah sakit minta urusan administrative dulu baru Pasien bisa mendapatkan perawatan.”

bogor24update, “Sehat2 tim medis dan awak bus nya.”

BACA JUGA: VIDEO Bantu Ibu Melahirkan di Tol Cipali, Pak Polisi Ini Panen Pujian Netizen

azhar_ismunanda, “Ya Allah.. terima.kasih orang orang baik👏”

Share.

Leave A Reply