Berita Nasional, RANCAH POST – Sebuah Alfamart di Jalan Ahmad Yani KM 14, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), roboh pada Senin, 18 April 2022 sekitar pukul 17.15 WITA.

Video amatir milik warga yang merekam detik-detik pasca kejadian pun viral di media sosial setelah diunggah oleh sejumlah akun, salah satunya akun Instagram @andreli_48.

Dalam video berdurasi singkat itu terlihat bangunan Alfamart nyaris rata dengan tanah. Warga yang berada di sekitar lokasi sontak heboh dan berbondong-bondong menuju lokasi.

“Alfamart Gambut roboh,” kata pria yang merekam area reruntuhan minimarket.

Di video lainnya, terlihat para warga bergotong royong untuk mengevakuasi karyawan Alfamart yang tertimpa reruntuhan bangunan. Pasalnya, bangunan yang tadinya berdiri kokoh itu nyaris rata dengan tanah.

Tim SAR gabungan dan relawan diketahui masih melakukan proses evakuasi terhadap para korban yang tertimpa reruntuhan. Sejumlah alat berat bahkan dikerahkan untuk mengangkat puing-puing material bangunan.

Melansir Kompas.com, total korban yang berhasil dievakuasi dari lokasi ambruknya bangunan Alfamart adalah 16 orang, yang terdiri dari 10 korban selamat dan 4 orang lainnya meninggal dunia. Korban yang selamat langsung dilarikan ke sejumlah rumah sakit terdekat.

Polisi pun menghimbau masyarakat jika ada yang merasa keluarganya tidak kembali dalam jangka waktu 1×24 jam, maka segera melapor agar bisa dibantu mencarikan apakah termasuk dalam korban peristiwa ini atau tidak.

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto mendatangi Alfamart di Kecamatan Gambut yang roboh bersama sejumlah petinggi Polda Kalsel pada Senin, 18 April 2022 malam.

Kedatangannya untuk memantau langsung proses evakuasi sisa korban yang belum ditemukan.

Rikwanto menduga bahwa bangunan tiga lantai yang digunakan retail itu sudah berusia tua, yakni 20 tahun. Selain itu, bangunan juga berdiri di lokasi yang kerap dilanda banjir.

Hal-hal tersebut pun membuat fondasi yang dibawahnya mengalami kerusakan dan rapuh, sehingga tidak kuat lagi menahan bangunan seperti ketika awal dibangun.

Rikwanto mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan untuk memastikan dugaan robohnya bangunan Alfamart itu.

BACA JUGA: Panik! Jembatan Jembalas Bandung Barat Ambruk Saat Dilewati, 2 Pemotor Tercebur ke Sungai

“Kemungkinan besok tim dari Surabaya sudah datang ke lokasi. Dengan begitu, bisa diketahui penyebab mengapa ruko ini bisa roboh rata dengan tanah,” ujar dia.

Share.

Leave A Reply