Di era digital ini banyak cara canggih yang bisa membantu pekerjaanmu, salah satunya dengan mengabsen siswa menggunakan aplikasi absensi siswa online gratis.

Seperti kita ketahui kehadiran menjadi salah satu hal utama dalam sebuah pertemuan pembela sekolah ataupun mahasiswa perguruan tinggi.

Dengan adanya aplikasi tersebut, kamu bisa dengan mudah untuk mengabsen kehadiran siswa tanpa harus memanggilnya satu persatu, hal tersebut tentunya akan melelahkan.

Apalagi jika, murid di kelas yang kamu ajar berjumlah banyak, pasti akan sangat memakan waktu.

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas beberapa aplikasi untuk absen siswa secara online dan gratis yang bisa kamu gunakan.

Daftar Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis

Google Form

Google Form
Google Form. (IST)

Rekomendasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengabsen siswa adalah Google Form.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk membuat formulir absensi siswa yang nantinya bisa di share secara online melalui email.

Menariknya, cara penggunaanya juga sangat mudah, dimana siswa hanya perlu login ke akun Googlenya masing-masing dan membuka link absensi tersebut untuk melakukan absensi dengan menginput data-data yang diminta.

Selain itu, absensi tersebut juga tak perlu direkap ulang karena, setiap absensi yang masuk, setiap harinya akan dikategorikan secara otomatis oleh sistem.

Dengan begitu guru atau dosen bisa mengontrolnya dengan cepat.

Talenta – Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis

Talenta - Apk Absensi Siswa Online Gratis
Talenta – Apk Absensi Siswa Online Gratis. (IST)

Selanjutnya ada aplikasi absensi siswa online gratis Talenta.

Talenta menjadi salah satu rekomendasi apk yang cukup recommended untuk kamu gunakan, karena aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup lengkap.

Beberapa fitur yang bisa kamu nikmati secara gratis yaitu fitur GPS, manajemen payroll, manajemen database siswa dan masih banyak lagi.

Uniknya, aplikasi ini juga akan sigap membantu penggunanya jika mengalami kendala dalam penggunaanya.

Hanya saja, fitur clock-in dan clock out terkadang error saat digunakan, jadi kamu harus buka tutup aplikasi agar bisa melakukan absensi dengan sempurna.

BACA JUGA:  Aplikasi Absensi Karyawan

Hadirr

Sesuai dengan namanya aplikasi ini dibuat khusus untuk mengabsensi siswa secara online.

Hadirr memiliki kemampuan untuk mencatat jam kuliah siswa secara real-time dan cepat asalkan kamu memiliki koneksi jaringan internet yang stabil.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur GPS, jadi sekalipun guru atau dosen tidak masuk kelas, aplikasi akan menunjukan lokasi kamu, jadi meskipun kamu melakukan absensi dan tidak berada dikelas, kamu akan ketahuan.

Namun, interface yang diberikan aplikasi ini kurang sempurna dan cukup rumit dioperasikan.

Zoho Form – Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis

Zoho Form - Apk Absensi Siswa Online Gratis
Zoho Form – Apk Absensi Siswa Online Gratis. (IST)

Aplikasi ini memiliki kinerja yang hampir sama dengan Google Form,  dimana Zoho Form menyediakan layanan absensi siswa online gratis yang sangat mudah digunakan.

Untuk melakukan absensi di apk ini, kamu hanya perlu mengklik link absensi yang telah dibagikan oleh guru.

Bahkan, pada apk ini kamu bisa menikmati fitur tanda tangan, dimana siswa akan diminta untuk menggambar tanda tangan mereka pada kotak absensi online yang telah disediakan setiap harinya.

Layanan tersebut tentunya membuat absensi semakin terpercaya, karena setiap tanda tangan tidak bisa dilakukan oleh orang lain.

Absensi Free

Absensi Free
Absensi Free. (IST)

Platform berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengabsen siswa secara online yaitu Absensi Free.

Aplikasi ini memiliki peran yang cukup penting untuk siswa maupun guru, karena mereka menawarkan berbagai fitur untuk memanajemen kehadiran siswa.

Dengan adanya aplikasi ini, mengelola dan membagikan absensi online akan lebih mudah, efektif dan efisien.

Absensi Free juga memiliki fitur absensi default, dimana aplikasi ini akan memverifikasi siswa yang hadir dan tidak hadir dengan cepat.

Untuk melihat rekapitulasi absensi kamu bisa melihat data detailnya sesuai kebutuhan kamu, mulai dari harian, mingguan, bulanan hingga tahunan.

SmartPresence

SmartPresence
SmartPresence. (IST)

Kemudian ada SmartPresence, aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan absensi online siswa dengan mudah.

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini cukup lengkap, mulai dari rekapitulasi otomatis, pencatatan lokasi absen, perhitungan terlambat otomatis, validasi waja, absen dengan HP, dan lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk absensi umum, baik itu karyawan toko, pegawai swasta, hingga buruh pabrik.

BACA JUGA:  Aplikasi Slip Gaji Online

Itulah aplikasi absensi siswa online gratis yang bisa kamu coba. Sesuai dengan namanya semua aplikasi di atas bisa kamu gunakan secara gratis.

Share.

Leave A Reply