Berubah pikiran saat habis belanja memang kerap kali terjadi, untuk itu kamu harus mengetahui tata cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim.

Seperti kita ketahui Shopee merupakan salah satu ecommerce nomor satu yang hadir di Indonesia.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Shopee, mulai dari belanja online, membayar tagihan, membeli pulsa, dan berjualan.

Tapi ada beberapa kendala yang kerap kali dialami  pengguna, contohnya saja berubah pikiran saat berbelanja online dan paket tersebut terlanjur sudah dikirim oleh tokonya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut kami akan mengulas tata cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim oleh pihak penjual.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang sudah Dikirim

Perlu kamu ketahui, Shopee memiliki syarat ketentuan dan kebijakan untuk penggunanya, baik itu penjual ataupun pembeli dari aplikasi tersebut.

Melakukan pembelian barang yang salah atau tidak sengaja melakukan checkout bisa saja kulakukan, apalagi jika orang tersebut pengguna baru.

Tapi tenang saja, kamu masih tetap bisa membatalkannya kok meskipun barang tersebut sudah dikirim asalkan toko tersebut memiliki kebijakan pengembalian barang.

Tapi sebelumnya kamu harus mengetahui Syarat dan Ketentuan yang harus dipahami sebelum melakukan pembatalan, berikut diantaranya:

Pihak konsumen maupun seluler tidak memiliki wewenang untuk memilih produk untuk dibatalkan secara sepihak apabila pesanan tersebut berada dalam status telah diproses.

Namun, kamu dapat memilih opsi untuk membatalkan semua produk dalam pesanan.

Apabila pembeli belum memproses pembayaran pesanan tersebut, maka kamu bisa memilih produk yang ingin kamu batalkan.

Pada Shopee pengajuan pembatalan hanya dapat dilakukan sebanyak satu kali saja.

Jika barang yang kamu beli sudah masuk ke proses pengiriman, kamu harus menunggu barang tersebut datang terlebih dahulu dan nantinya mengajukan pengembalian barang.

Nah, jika kamu juga mengalami hal serupa, berikut kami akan mengulas langkah-langkah membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim:

  • Apa bisa membatalkan pesanan di shopee sementara pesanan sudah dikirim? jawabannya, tentu tidak bisa.
  • Barang yang kamu pesan, sudah dibayar dan sudah dicetak resi tidak bisa dibatalkan, hal tersebut sudah menjadi kebijakan Shopee.
  • Untuk membatalkan atau mengembalikan barang kamu bisa mengajukan proses pengembalian dengan dalih barang tidak sesuai, barang cacat atau lainnya.
  • Selain hal itu, kamu juga bisa membatalkan barang dengan menghubungi langsung penjual melalui fitur chat dan sudah mendapat persetujuan dan konfirmasi.

Cara Membatalkan Pesanan COD di Shopee

Selain membatalkan pesanan yang sudah dikirim kamu juga bisa melakukan pembatalan pada pemesanan COD.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka aplikasi Shopee yang kamu miliki dan sudah terdaftar.
  • Selanjutnya buka menu “saya”.

    Cara batalkan pesanan
    Cara batalkan pesanan. (IST)
  •  Pilih menu “Beli”.
  •  Jika ingin membatalkan COD klik menu “Dikemas”.

    Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang sudah Dikirim
    Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang sudah Dikirim. (IST)
  • Disini kamu bisa pilih produk apa yang ingin kamu batalkan.
  • Selesai.

BACA JUGA: Cara Menghapus Akun Shopee Permanen

Itulah cara membatalkan pesanan Shopee yang sudah dikemas dan pesanan COD.

Tetap bijak dalam menggunakan aplikasi belanja online ya, guys. Patikan sebelum men-checkout kamu telah benar-benar yakin untuk membeli barang tersebut.

 

Share.

Leave A Reply