Viral Video, RANCAH POST – Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi salah satu persyaratan yang wajib dimiliki oleh pengendara motor maupun mobil.

Untuk mendapatkan SIM kita harus melalui serangkaian administrasi hingga harus mengikuti ujian praktik berkendara.

Namun tak sedikit pengendara yang mengeluh karena sulitnya ujian untuk mendapat SIM. Apalagi SIM C (untuk kendaraan roda 2), ujian praktiknya dikenal memiliki rute yang cukup sulit.

Seperti yang terlihat pada video yang diunggah oleh akunTwitter @txtdrbekasi. Akun tersebut membagikan kolase video yang memperlihatkan perbandingan ujian praktik SIM C di Indonesia dan Taiwan

Video tersebut pun langsung viral dan sukses menuai atensi dari para warganet. Banyak yang menyebut ujian SIM di Taiwan terlihat jauh lebih mudah.

Dalam video bagian atas terlihat proses ujian praktik SIM C di Indonesia. Tampak seorang polisi sedang mengendarai motor di rute ujian praktik SIM C.

Ujian tersebut dilakukan di lapangan terbuka dan rutenya sudah diberi pola yang harus diikuti oleh setiap peserta.

Lintasan ujian praktik di Indonesia tampak banyak membutuhkan keseimbangan karena harus melewati rute U, zig-zag, bundaran, pola 8, dan lainnya. Meski cukup sulit, pria tersebut tampak sangat lincah dan sudah lihai dalam melakukannya.

Tentu pemandangan di video bagian atas sangat berbeda dengan video bagian bawah yang memperlihatkan ujian praktik SIM C di Taiwan.

Terlihat seorang wanita sedang mengendarai motor secara pelan di jalur yang lurus. Di sana terdapat beberapa rambut lalu lintas agar pengendara bisa tahu fungsi-fungsinya.

Setelah berbelok, ia tampak berhenti di belakang garis marka jalan karena ada lampu tanda peringatan kereta lewat.

Lalu, ia kembali melajukan motornya dan berhenti karena lampu lalu lintas menunjukkan dirinya harus berhenti.

Sontak saja, video perbedaan ujian SIM C di Indonesia dan Taiwan itu dibanjiri beragai komentar dari warganet.

Pantes pada jago nyalip truk di Narogong,” tulis akun TikTok @txtdrbekasi dalam keterangan unggahannya. 

Share.

Leave A Reply