Ada banyak aplikasi kamus bahasa Arab yang bisa kita install di smartphone secara mudah dan gratis. Kehadiran aplikasi tersebut tentu dapat mempermudah kita ketika sedang belajar bahasa Arab.

Kita tak perlu membawa buku kamus yang tebal kemana-mana, cukup install aplikasi kamus bahasa Arab di smartphone, kita pun sudah bisa menggunakannya secara praktis kapan dan di mana saja.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut penggunanya bisa menerjemahkan atau mengartikan bahasa Arab dengan sangat mudah melalui ponsel tanpa harus membuka kamus manual.

Jika kamu ingin mencoba menggunakan aplikasi tersebut, kali ini Rancah Post telah menyiapkan beberapa rekomendasinya.

Daftar Aplikasi Kamus Bahasa Arab Untuk HP Android

Silakan kamu pilih salah satu dari beberapa apk kamus bahasa Arab di bawah ini untuk diinstall di smartphone-mu.

Almaany Kamus Arab Indonesia

Almaany Kamus Arab Indonesia
Almaany Kamus Arab Indonesia. (IST)

Aplikasi pertama ada Almaany Kamus Arab Indonesia yang cukup populer digunakan. Di Google Play Store, jumlah unduhannya telah mencapat lebih dari 500 ribu download, lho.

Untuk itu, Almaany Kamus Arab Indonesia bisa menjadi pilihan yang pas untuk kamu download di smartphone. Ukurannya juga terbilang ringan, hanya 18 MB saja saat pertama kali diunduh.

Selain itu, aplikasi yang cocok untuk pengguna yang sedang belajar bahasa Arab ini dilengkapi dengan sejumlah fitur keren lainnya.

Di antaranya seperti menerjemahkan kata dari bahasa Arab ke Indonesia atau sebaliknya. Lalu, dapat juga digunakan secara offline. Sehingga walau tidak memiliki kuota internet kamu tetap bisa menggunakannya.

Kamus Arab Indonesia – Aplikasi Kamus Bahasa Arab

Berikutnya kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Kamus Arab Indonesia yang dikembangkan oleh developer Ristek Muslim.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna ini memiliki 7 kamus berbeda di dalamnya. Jika ditotalkan, ada lebih dari 200 ribu kosakata.

Kamus itu adalah Kamus Arab Indonesia, Kamus al-Qur an, Kamus al-Munawwir, Ma ajim al-Arab, Mu jam al-Ghaniy, Ma ajim al-Arab dan Mu jam al-Mu ashiroh.

Kamus Arab Indonesia juga memiliki tampilan yang sangat simple dan mudah digunakan. Mampu juga menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab atau sebaliknya.

Kemudian, terdapat beberapa fitur di dalamnya, seperti menerjemahkan kosakata secara offline, gratis bebas iklan, mengetahui Jama’ atau Mufradnya suatau kata, dan masih banyak yang lainnya.

BACA JUGA: Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terlengkap di Android dan iOS

Google Translate

Google Translate
Google Translate. (IST)

Selain sebagai penerjemah berbagai bahasa di dunia, Google Translate juga bisa diandalkan sebagai kamus bahasa Arab-Indonesia.

Pengguna bisa dengan mudah menerjemahkan kalimat bahasa Arab. Jadi kalian tidak perlu menerjemahkan per kosakata. Yang tak kalah menarik adalah fitur yang tersedia di Google Translate.

Fitur tersebut adalah menerjemahkan lewat gambar yang bisa diambil dari kamera, lalu ada juga fitur penerjemahan via suara. Lengkap banget, kan?

Kamus Arab Indonesia (Kodelokus Cipta Aplikasi)

Aplikasi kamus bahasa Arab yang satu ini juga tak kalah bagus. Aplikasi tersebut adalah Kamus Arab Indonesia yang dibesut developer Kodelokus Cipta Aplikasi.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa menerjemahkan dari bahasa Arab ke Indonesia atau dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab.

Selain itu, Kamus Arab Indonesia juga mendukung fitur pencarian offline, dan yang paling penting semuanya bisa dilakukan secara gratis.

Tertarik untuk menggunakannya? Langsung download Kamus Arab Indonesia sekarang juga melalui Google Play Store HP kamu.

Kamus Bahasa Arab Offline

Kamus Bahasa Arab Offline
Kamus Bahasa Arab Offline. (IST)

Kamus Bahasa Arab Offline merupakan aplikasi penerjemah kata-kata atau kalimat dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab atau sebaliknya.

Namun untuk menerjemahkan dari bahasa Arab tentu kalian butuh aplikasi tulisan Arab. Fitur yang dimiliki Kamus Bahasa Arab Offline tak kalah bagus dari beberapa aplikasi sebelumnya.

Di antaranya seperti penerjemah kata secara offline lebih dari 85 ribu kata. Lalu, penerjemah online untuk menerjemahkan kata atau kalimat yang panjang.

Kemudian, ada fitur Text to Speech, di mana pengguna bisa mendengarkan pengucapakan kata atau kalimat hasil terjemahan.

BACA JUGA: Aplikasi Kamus Bahasa Madura Paling Lengkap di Android

Itulah beberapa aplikasi kamus bahasa Arab terbaik untuk HP Android yang bisa di-download secara gratis. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply