RANCAH POST – Tahukan Anda bahwa membuat video animasi memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding dengan pembuatan video biasa? Pasalnya, selain memerlukan keahlian khusus di bidang tersebut, pembuatan video animasi juga harus didukung oleh peralatan komputer beserta software mumpuni.

Kendati begitu, bukan hal yang mustahil bagi Anda untuk mempelajari cara pembuatan video animasi, seperti pepatah yang mengatakan bahwa ‘dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan‘.

Di zaman teknologi serba canggih seperti sekarang ini ada begitu banyak opsi yang dapat Anda pilih untuk mempelajari cara membuat video animasi mulai dari yang termudah hingga yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi.

Bahkan, Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan modal untuk belajar proses pembuatan video animasi. Sebab sudah ada beberapa animator-animator populer yang tanpa pamrih membagikan ilmu mereka seputar pembuatan video animasi, mulai dari 2D, 3D dan Whiteboard di channel YouTube miliknya.

Nah, bagi Anda yang masih benar-benar pemula berikut ini adalah beberapa hal paling dasar yang harus diketahui sebelum membuat video animasi.

Buat Script Video yang Menarik

Foto ilustrasi menyusun script video
Foto ilustrasi menyusun script video. (IST)

Ya, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menyusun script atau naskah dari video yang nantinya akan dibuat. Singkatnya begini, Anda harus bisa memikirkan konsep seperti apa video animasi akan berjalan nantinya.

Adapun beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat membuat naskah sebuah video animasi adalah menentukan judul, tujuan, audiens (penonton), pesan yang akan disampaikan serta jangan lupa untuk mempertimbangkan tindakan seperti apa yang diharapkan dari para audiens setelah melihat video tersebut.

Buat Storyboard

Ilustrasi storyboard
Ilustrasi storyboard. (IST)

Selesai menyusun script, kemudian tinggal Anda lanjutkan dengan membuat storyboard untuk mempermudah Anda membayangkan alur cerita yang akan disajikan dalam video nantinya.

Storyboard sendiri bisa diartikan sebagai sebuah sketsa gambar yang ditampilkan secara beruntun layaknya komik. Tentu saja pembuatan storyboard menjadi salah satu bagian penting dalam membuat video animasi karena dapat membantu animator memahami dan mengingat alur cerita dari video yang akan diciptakannya.

Pilih Jenis Video yang Akan Dibuat

Contoh animasi 2D
Contoh animasi 2D. (IST)

Ada beberapa jenis video animasi yang bisa Anda pilih. Nah, yang pertama adalah animasi 2D (dua dimensi), ini adalah salah satu jenis animasi yang paling dominan kita jumpai, sebab animasi 2D proses pembuatannya bisa dibilang lebih gampang. Contoh animasi 2D adalah One Piece, Dragon Ball, Crayon Shinchan, Doraemon, Hunter × Hunter dan lain-lain.

Lalu pilihan yang kedua adalah animasi 3D (tiga dimensi) seperti Upin & Ipin, Kung Fu Panda, dan Adit Sopo Jarwo. Ya, karakter yang ditampilkan pada animasi 3D semuanya terlihat lebih nyata dibanding 2D.

Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk membuat animasi whiteboard. Jenis animasi ini lebih sering digunakan sebagai media pembelajaran atau membuat video animasi draw my life.

Mulai Membuat Video Animasi

Setelah Anda menyiapkan ketiga hal diatas, sekarang tiba saatnya untuk melakukan eksekusi. Jadi seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, untuk membuat video animasi Anda bisa mengoptimalkan bakat atau kemampuan sendiri berbekal peralatan komputer, jaringan internet serta software yang diciptakan khusus untuk membuat video animasi.

Tapi Anda tidak usah khawatir apabila merasa kemampuan yang dimiliki saat ini masih belum cukup, tapi tetap ingin membuat video animasi untuk keperluan branding, virtual background untuk webinar, logo 3D atau hal lainnya, sebab Anda bisa mengandalkan jasa pembuatan video animasi 2D dan 3D, yaitu Fastwork.id.

Fastwork jasa pembuat animasi
Fastwork jasa pembuat animasi. (IST)

Ya, Fastwork.id memiliki ribuan tenaga ahli serta sudah berpengalaman dalam urusan membuat video animasi, baik itu animasi 3D maupun 2D.

Tapikan harga jasa pembuatan video animasi itu mahal. Siapa yang bilang begitu? Di Fastwork.id, Anda bisa dibuatkan video animasi 2D dan 3D dengan banderol harga yang amat sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 70 ribu udah gitu masih bisa nego lagi.

Selain itu, menggunakan jasa membuat video animasi di Fastwork juga memiliki banyak sekali keuntungannya, mulai dari proses pembuatannya yang dilakukan oleh tenaga ahli sarat pengalaman, kualitas video tinggi, dan jaminan uang kembali bila tidak mendapatkan hasil kerja.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencoba jasa pembuatan video animasi di Fastwork.id? Jika iya, silahkan Anda klik https://fastwork.id/3d-animation.

Share.

Leave A Reply