RANCAH POST – Ponsel lipat perdana bikinan Oppo dikabarkan akan meluncur ke pasaran dalam waktu dekat. Meski belum diketahui identitasnya, namun ponsel lipat tersebut tampaknya dihadirkan untuk menjadi pesaing Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold yang dirakit Samsung.

Kabar mengenai keberadaan ponsel lipat Oppo ini berhembus dari salah satu pembocor ulung Digital Chat Station melalui jejaring sosial media China, Weibo.

Dalam unggahannya, Digital Chat Station mengungkap bahwa hp lipat Oppo itu akan mengemas layar dengan panel berjenis LTPO (Low Temperature Polycrystalline Oxide) dan disebut akan meluncur dalam waktu dekat.

Bocoran spesifikasi hp lipat Oppo
Bocoran spesifikasi hp lipat Oppo. (IST/Gizmochina)

Tidak dijelaskan berapa ukuran layar yang dimiliki oleh perangkat tersebut. Nah, panel berjenis LTPO sendiri belakangan ini banyak digunakan oleh brand-brand ternama untuk dapat mengatur refresh rate sesuai dengan konten yang sedang tampil di layar.

Selain itu, belum ada keterangan yang menyebut mekanisme lipatan dari perangkat misterius tersebut. Namun tak menutup kemungkinan jika perangkat ini akan mengusung konsep lipatan ke samping seperti layaknya Galaxy Z Fold atau lipatan model clamshell mirip Galaxy Z Flip.

Bocoran yang dibagikan oleh Digital Chat Station menunjukan bahwa ponsel lipat ini akan berjalan di sistem operasi Android 12 yang berlapis antarmuka khas Oppo, yaitu ColorOS versi terbaru.

Oppo sendiri diduga kuat akan mengumumkan desain antarmuka terbarunya, yakni ColorOS 12 pada pertengahan atau akhir bulan ini. Jadi besar kemungkinan ponsel lipat itu akan menjadi yang pertama hadir dengan ColorOS 12.

BACA JUGA: Super Keren! Smartphone Lipat Xiaomi Mi Mix Fold Punya Layar OLED 8,01 Inci

Kendati begitu, belum ada bocoran yang menyinggung perihal spesifikasi hardware, memori ataupun kamera. Namun, berkaca dari Galaxy Z Flip3 5G dan Galaxy Z Fold3 5G, perangkat ini mungkin akan diperkuat chipset Snapdragon 888 atau bahkan Snapdragon 888 Plus.

Share.

Leave A Reply