Berita Nasional, RANCAH POST – Baru-baru ini beredar sebuah rekaman video yang memperlihatkan kerumunan warga saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Video tersebut menjadi viral di media sosial hingga menuai berbagai tanggapan dari para warganet.

Dalam video tersebut terlihat kerumunan warga langsung menyambut orang nomor satu di Indonesia itu.

Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pun tampak begitu antusias untuk melihat secara langsung Presiden Jokowi.

Saking antusiasnya, mereka bahkan nekat menerobos motor Paspampres dan petugas keamanan. Sejumlah warga pun tampak tidak menghiraukan untuk menjaga jarak.

Diketahui Presiden Jokowi tiba di Maumere pada Selasa, 23 Februari 2021 siang, untuk meresmikan Bendungan Napun Gete yang dibangun sejak 2016 lalu.

Pada video lain yang juga viral, Jokowi akhirnya menunjukkan dirinya melalui rooftop mobil.

Tampak, ia pun melambaikan tangan dan menyapa para warganya yang begitu bersemangat untuk menemuinya. Jokowi juga terlihat melemparkan souvenir ke arah kerumunan massa.

Melansir Detik.com, terkait video tersebut, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Medis Sekretariat Presiden Bey Machmudin membenarkannya.

Bey mengatakan bahwa warga di Maumere saat itu sudah menunggu kedatangan rombongan Presiden Jokowi di pinggir jalan.

“Benar itu video di Maumere. Setibanya di Maumere, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napun Gete.

Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggir jalan, saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti,” ucap Bey Machmudin.

Ia menyebut bahwa penyambutan kedatangan Jokowi itu dilakukan secara spontan oleh warga Maumere. Jokowi pun sempat menyapa mereka dari rooftop mobil.

“Dan kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker.

Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya,” lanjut Bey.

Lebih lanjut, Bey menjelaskan terkait souvenir yang diberikan Jokowi pada warga, menurutnya hal tersebut sebagai bentun respons spontan sang Presiden. Dikatakan, souvenir itu berisi masker, buku, kaos.

BACA JUGA: Penjelasan Presiden Jokowi Terkait Perbedaan Arti Mudik dan Pulang Kampung

“Itu spontanitas presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat, suvenirnya itu buku, kaus, dan masker. Tapi poinnya, presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan,” ujar Bey.

Share.

Leave A Reply