Kamis, 9 Juli 2020
Beranda Teknologi Sosial Media Kumpulan Foto dan Video Detik-detik Gerhana Matahari Cincin yang Viral di Medsos

Kumpulan Foto dan Video Detik-detik Gerhana Matahari Cincin yang Viral di Medsos

Sosial Media, RANCAH POST – Tepat pada hari ini, Kamis 26 Desember 2019, fenomena astronomi gerhana matahari cincin telah terjadi di beberapa wilayah di Tanah air.

Puncak gerhana matahari dimulai dari Kota Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam pada jam 11.55 waktu setempat.

Melansir dari Mediaindonesia.com, menurut keterangan dari Lembaga Penerbanagan Antariksa Nasional (LAPAN), gerhana matahari cincin dapat terjadi pada saat bulan berada satu garis dengan bumi dan matahari. Selain itu, pada saat gerhana tersebut juga bulan berada pada titik terjauh dengan bumi atau Apogee.

Ketika terjadi gerhana cincin, piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada piringan matahari serta piringan matahari tidak akan tertutupi sepenuhnya,

Kerucut umbra atau bayangan inti yang berada di tenagh tidak akan sampai ke permukaan Bumi dan akan terbentuk antumbra atau kerucut tambahan.

Pengamat yang berada di wilayah antumbra akan melihat matahari seperti cincin di langi dan itulah yang disebut sebagai gerhana matahari cincin.

Di tahun 2019, fenomena gerhana matahari cincin merupakan yang kelima setelah sebelumnya pada 5-6 Januari gerhana matahri sebagian, pada 21 Januari gerhana bulan total, pada 2 Juli gerhana matahari total, pada 17 Juli gerhana bulan sebagian.

Tentu saja fenomena sangat menakjubkan ini termasuk langka. Hingga membuat banyak orang ingin menyaksikan langsung bagaimana detik-detik peristiwa tersebut.

Di media sosial pun sudah banyak beredar detik-detik ketika fenomena sedang berlangsung. Berikut video dan foto yang diunggah oleh netizen di media sosial.

https://twitter.com/Elwani16/status/1210071069303771138

Usai diunggah, potret dan video tersebut langsung dibanjiri berbagai komentar dari netizen yang dibuat terpukau melihat fenomena yang begitu menakjubkan.

kikiepuspaindah, “Allahuakbar,Allah maha besar Alhamdulillah 🤲”

kaylanyaa, “Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar… Tidak ada Lillah yang berhak di sembah kecuali Allah yang Maha Esa 🤲”

@vantegrittes, “MasyaAllah 😭 💘”

@parkhygn, “Cem bulan sabit 😍”

@knjooniwfeu, “masyaallah kak rii cantik bgt 😭 😭 ❤”

BACA JUGA: Nikmati Pemandangan Gerhana Bulan di Masjid Surabaya, Pesona Arumi Bachsin Alihkan Perhatian Warga

brayenn_811, “Semua kuasa,kehendak mu ya allah😭”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,376FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan